Rangkaian Booster Antena TV UHF

Rangkaian booster antena TV UHF ini dapat digunakan untuk TV UHF pada umumnya. Penguatan booster ini berada pada kisaran 10 sampai 15dB dengan frekuensi operasi 400-850MHz. dengan penguatan sebesar itu cukup untuk menguatkan sinyal TV UHF yang lemah. Agar rangkaian dapat bekerja dengan baik, mengingat frekuensi kerja yang cukup tinggi maka lebih baik digunakan komponen SMD dalam perakitannya. selain itu rangkaian ini akan lebih baik jika ditempatkan di dalam kotak berpelat.

Dengan power supply sederhana dengan tegangan 12 Volt, booster antena TV UHF dapat bekerja dengan sangat baik, dimana power supply dapat langsung disalurkan melalui kabel coaxial. setelah rangkaian bekerja, cara mensetting nya pun mudah, tinggal menempatkan posisi Trimpot di tengah-tengah, kemudian diputar secara perlahan sampai didapatkan penerimaan gambar yang terbaik.rangkaian-booster-antena-tv-uhf

Adapun contoh PCB yang direkomendasikan adalah seperti berikut ini:rangkaian-booster-antena-tv-uhf-pcb

Beberapa komponen penting dalam rangkaian booster antena TV UHF diatas adalah L1=L2= 2 lilit diameter 3mm. L3=L4= 10 uH atau dapat juga dengan kumparan 10 lilitan kawat email 0,2mm pada inti ferit.

Tags: ,

2 Comments

  1. elecatro 18 November, 2014
  2. Skemaku 22 November, 2014

Berikan Komentar Anda...