Rangkaian Booster Antena TV UHF

Rangkaian booster antena TV UHF ini dapat digunakan untuk TV UHF pada umumnya. Penguatan booster ini berada pada kisaran 10 sampai 15dB dengan frekuensi operasi 400-850MHz. dengan penguatan sebesar itu cukup untuk menguatkan sinyal TV UHF yang lemah. Agar rangkaian dapat bekerja dengan baik, mengingat frekuensi kerja yang cukup tinggi maka lebih baik digunakan komponen SMD dalam perakitannya. selain itu rangkaian ini akan lebih baik jika ditempatkan di dalam kotak berpelat.

Dengan power supply sederhana dengan tegangan 12 Volt, booster antena TV UHF dapat bekerja dengan sangat baik, dimana power supply dapat langsung disalurkan melalui kabel coaxial. setelah rangkaian bekerja, cara mensetting nya pun mudah, tinggal menempatkan posisi Trimpot di tengah-tengah, kemudian diputar secara perlahan sampai didapatkan penerimaan gambar yang terbaik.rangkaian-booster-antena-tv-uhf

Adapun contoh PCB yang direkomendasikan adalah seperti berikut ini:rangkaian-booster-antena-tv-uhf-pcb

Beberapa komponen penting dalam rangkaian booster antena TV UHF diatas adalah L1=L2= 2 lilit diameter 3mm. L3=L4= 10 uH atau dapat juga dengan kumparan 10 lilitan kawat email 0,2mm pada inti ferit.

Pos Terkait:

6 pemikiran pada “Rangkaian Booster Antena TV UHF”

  1. Gan saya punya hp samsung nih.. kebetulan ada port antenna di belakang hp saya.. saya pke rangkaian ini bisa nambah db ke cell toweer terdekat ngk?
    Soalny sy liat ini untuk transmitter aj y..
    Pliss bang jawab komen sy.. signal hp saya naik turun.. sy udh coba pke amplifierny audio.. lmyan sih.. tpi masih naik turun.. apa krna icnya berfrekuensi rendah y? Kbtulan signal disini 3G yang berfrekuensi kisaran 2100mhz.. harapan sy sih buat penguat signal mini dan di tncapkan dri port antenna hp sy itu.. agr bisa dbwa kmn”..
    Gimana menurut agan ada solusi ngak.. mohon jawbnnya
    . Trimksih bnyk

    Balas
  2. mau tanya gan,, tv saya tiba2 mati mesin bau hangus, selang 2 hari ganti satunya lagi sama mati bau hangus, di tempat yang sama, posisi dan colokan listriknya,, itu kira” masalahnya dari mana gan? apakah dari tegangan stop kontaklistrik/bosternya? tapi dari stop kontak listrik ane pakai buat kipas, dll,, kok aman” saja gan..

    Balas
    • Coba di cek tegangan jala-jala PLN apakah normal atau tidak, dikhawatirkan diatas 220V. Jika normal berarti memang dari perangkat atau perawatan perangkatnya kurang bagus. Jika TV mati total tentu ada bagian komponen listrik yang bermasalah terutama dibagian regulator (power supply). Coba di cek bagian-bagiannya. Jika ada komponen yang rusak maka tentu harus diganti.

      Balas

Tinggalkan komentar