Skema Pemancar Mini FM Stereo BA1404

Pemancar mini FM stereo ini cocok bagi anda yang ingin membuat sebuah studio broadcast sederhana untuk bahan belajar siaran, atau sekedar untuk menyetel musik dalam ruangan rumah, gedung dan lain-lain yang bisa didengarkan lewat radio penerima FM yang ada, atau pun lewat gadget yang mempunyai fasilitas radio FM. selain itu rangkaian pemancara mini FM stereo ini juga dapat digunakan untuk pemancar mobil. dengan pemancar ini sumber input dapat dipancarkan seperti musik MP3, Ipod, komputer dan sumber audio lainnya.

Pemancar Mini FM stereo ini menggunakan IC BA1404 sebagai jantung dari rangkaian ini. dimana BA1404 dirancang khusus untuk dapat bekerja dengan tegangan dan daya rendah, karena rangkaian ini dapat bekerja hanya dengan tegangan supply antara 1,5 Volt sampai 3 Volt DC. didalam IC BA1404 sudah terdapat rangkaian modulator stereo, dan rangkaian RF sebagai pembangkit frekuensi (osilator). osilator ini dapat dipancarkan dengan frekuensi 76 sampai 108 MHz.rangkaian-pemancar-mini-fm-stereo-ba1404

Dari rangkaian diatas terdapat kristal 38KHz yang berfungsi untuk pembangkit frekuensi encoder stereo. sedangkan L1 berfungsi untuk menentukan frekuensi yang ingin dipakai, Lilitan L1 ini terdiri dari dari 3,5 lilitkawat email 0,6mm inti ferit. untuk mengubah frekuensi dari pemancar ini dilakukan dengan memutar inti feritpada L1. kelebihan dari pemancar mini FM stereo dengan IC BA1404 ini adalah kemampuannya untuk membangkitkan frekuensi yang sangat stabil dengan biaya yang sangat murah tentunya.

Sebagai gambaran, salah satu contoh bentuk kit rangkaian pemancar mini FM stereo yang sudah jadi adalah sebagai berikut:rangkaian-kit-pemancar-FM-BA1404

Untuk mencegah suara dengung pada saat audio dipancarkan, maka perlu diperhatikan rangkaian catu daya digunakan. disarankan untuk menggunakan baterai untuk supply tegangannya, atau jika ingin digunakan dalam waktu yang lama, dapat menggunakan adaptor dengan rangkaian regulator yang baik.

6 Comments

  1. Berry Laksana 25 April, 2015
    • Rida Angga 26 April, 2015
    • Yadi 6 August, 2019
  2. Bakri 20 March, 2016
  3. rukman 11 April, 2018
  4. Baehaki 24 October, 2019

Add Comment