Rangkaian Inverter 3000 watt 12VDC ke 230VAC

Rangkaian inverter ini akan mengubah tegangan 12 Volt DC ke 220-230 Volt AC dengan daya output bisa mencapai 3000 Watt. Rangkaian inverter ini sedikit kompleks akan tetapi sebanding dengan daya output yang dihasilkan.

Disarankan untuk menggunakan tegangan DC masukan minimal 40 Ampere hingga 60 Ampere, dan berikan pendingin yang cukup pada Penguat akhir Mosfet karena semakin besar daya kebutuhan yang diserap pada output maka Mosfet ini akan semakin panas.

rangkaian-inverter-3000-watt
Klik gambar diatas untuk melihat lebih jelas

rangkaian-inverter-3000-watt-layout-pcb

rangkaian-inverter-3000-watt-tata-letak-komponenRangkaian diatas memang terlihat rumit, namun jika berhasil dirangkai. maka kualitas dan efisiensi daya yang dihasilkan sebanding dengan rumitnya rangkaian yang ada, karena daya yang dihasilkan oleh rangkaian inverter ini dapat mengeluarkan daya hingga 3000 Watt.

Pos Terkait:

26 pemikiran pada “Rangkaian Inverter 3000 watt 12VDC ke 230VAC”

  1. bisa tolong kirimin pcb dan komponennya ngak? kalo ada yg uda di rakit juga boleh. berapa harga pcb + komponen dan yg udah jadi. oh ya skemanya yg jelas bisa ngak di kirimin. trims

    Balas
    • Pagi mas, saya tertarik minat dg inverter 3000 watt klo bisa saya pesan 1 buah yg 2000 watt saja harganya berapa, trm ksh.

      Balas
  2. mohon bantuan para master,…
    tentang mosfet IRF540 dengan kapasitas 28A…untuk rangkaian inverter 220AC.
    apa yang terjadi pada mosfet tersebut kalau di aplikasikan pada trafo sebesar 50A..?
    lantas apa bisa maksimal pada trafo 50A
    tersebut…?

    Balas
  3. Saya sdh pernah mencoba rangkaian tersebut hasilnya lumayan stabil. Kl kena beban watt besar voltase automatic naik sendiri, dan kalau tidak ada beban jg output tegangan nya normal sekitar 230volt. Intinya ada beban ndak ada beban tegangan tetap dikisaran 230volt.

    Balas
  4. tolong gan uraikan secara rinci komponen apa saja yg diperlukan, supaya jadi pembelajaran bagi yang pemula. begitu saja gan masukannya. semoga postingan anda bermamfaat bagi kita semua, terima kasih.

    Balas

Tinggalkan komentar