Pengertian Motor Listrik dan Pemanfaatannya

Sudah pasti anda pernah mendengar dan tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya motor listrik ini. Motor listrik dapat dengan mudah anda temui contoh penerapannya di sekitar kita, misalnya saja pada suatu rangkaian elektronika yang sederhana seperti mobil mainan anak dan sebagainya.

Motor listrik sangat mudah dijumpai pada kehidupan sehari-hari mengingat fungsinya yang multifungsi sebagai penggerak putar, mulai dari peralatan rumah tangga, berbagai mainan anak, dan peralatan (tools). Namun apa pengertian motor listrik yang sebenarnya? berikut penjelasan mengenai motor listrik.

Pengertian motor listrik dan pemanfaatannya

pengertian motor listrikPengertian motor listrik secara umum motor listrik merupakan sebuah alat yang berguna untuk mengubah suatu energi listrik diubah menjadi suatu energi mekanik. Dan alat yang mempunyai fungsi yang sebaliknya, dimana berguna untuk mengubah suatu energy mekanik diubah menjadi energi listrik disebut dengan dinamo atau generator.

Motor listrik ini bisa anda temukan pada beberapa peralatan rumah tangga yang ada di sekitar anda, misalnya saja seperti mesin cuci, kipas angin, pompa air, blender, mikser, penyedot debu dan yang lainnya. Pada motor listrik ini tenaga listrik akan diubah menjadi suatu tenaga mekanik. Perubahan tersebut dilakukan dengan cara mengubah tenaga listrik tersebut menjadi energi magnet atau yang disebut dengan elektromagnet.

Sebagaimana diketahui bahwa Pengertian motor listrik berupa kutub-kutub magnet yang sama akan saling tolak-menolak sedangkan kutub-kutub yang berlawanan akan tarik-menarik. Maka dari itu dapat diperoleh suatu gerakan jika anda menempatkan sebuah magnet di sebuah poros yang bisa berputar, kemudian magnet yang lainnya pada suatu kedudukan atau posisi yang tetap.

Motor listrik adalah sebuah perangkat elektro magnetis yang bisa mengubah energi listrik menjadi suatu energi mekanik. Energi mekanik tersebut biasanya digunakan atau dimanfaatkan untuk memutar fan atau blower, impeller pompa, mengangkat bahan, menggerakan kompresor, dan lain sebagainya.

Selain Pengertian motor listrik, pemanfatan Motor listrik seperti yang telah disebutkan di atas sepertinya juga layak anda ketahui, selain itu motor listrik sering digunakan juga di dalam perabot atau peralatan rumah misalnya saja mixer, blender, bor listrik, blower, fan angin dan lain sebagainya. Disamping alat rumah tangga atau perkakas rumah tangga, pemanfaatan motor listrik ini juga diterapkan pada dunia industri. Bahkan motor listrik juga sering disebut dengan kuda kerjanya industri.

berbagai jenis motor listrik

Berbagai macam motor listrik

Dan selain mengetahui Pengertian motor listrik sepatutnya anda juga mengetahui Bagaimana suatu motor listrik ini bekerja. Mekanisme kerja yang dimiliki untuk semua jenis motor pada umumnya relatif tak jauh berbeda, di mana Arus listrik yang ada di dalam medan magnet akan memberi gaya apabila kawat yang membawa arus tersebut dibengkokkan untuk menjadi suatu lingkaran atau loop, maka pada kedua sisi loop tersebut, tepatnya pada sudut kanan dari medan magnet, akan mendapat gaya dari arah yang berlawanan.

Dan pasangan gaya tersebut akan menghasilkan tenaga putar atau torsi (torque) yang bisa memutar kumparan. Motor-motor mempunyai beberapa loop dalam dinamonya untuk bisa memberikan tenaga putaran dengan lebih seragam serta medan magnet yang dihasilkan dari susunan elektromagnetik tersebut disebut kumparan medan. Dalam mencoba memahami suatu motor, sangat penting untuk memahami yang dimaksud beban motor. Beban tersebut mengacu kepada output tenaga putar atau torque sesuai kecepatan yang diperlukan. Beban pada umumnya bisa dikategorikan dalam tiga kelompok. Demikian sedikit ulasan mengenai Pengertian motor listrik dan pemanfaatannya.