Rangkaian VU Meter LED dengan Transistor

VU meter adalah rangkaian untuk indikator kekuatan sinyal audio. Rangkaian VU meter ini banyak diaplikasikan pada rangkaian amplifier sehingga tingkat kekuatan audio dapat diketahui dengan setingan parameter tertentu yang akan ditampilkan berupa cahaya dari dioda LED. Tingkatan indikator dari dioda LED ini bervariasi antara 5 led, 12 LED atau bahkan 20 LED baik itu bergerak secara horizontal maupun secara vertikal. Ketika power supply dihubungkan dengan rangkaian dan input telah diberi sinyal audio dari amplifier, maka Dioda D1 sampai D4 akan menurunkan sinyal yang berasal dari masukan amplifier tadi yang dirangkai secara seri dan dari setiap pertemuan antara dioda D1 sampai D4 ini akan menghasilkan teganan DC yang akan menjadi tegangan bias transistor Q1 sampai dengan Q4.

Agar arus yang mengalir pada basis transistor tidak over, maka dipasangkan resistor R5 sampai R8 sebagai pembatas arus. Dioda LED 1 akan menyala secara berurutan tergantung dari kekuatan arus yang masuk pada basis transistor Q1 sampai Q4 sehingga hasilnya akan terlihat sebagai indikator kekuatan sinyal yang berasal dari input amplifier. Adapun rangkaian VU meter LED sederhana dengan menggunakan empat buah dioda adalah sebagai berikut:rangkaian-VU-meter-LED-transistorDari rangkaian VU meter LED sederhana diatas dapat dikembangkan lagi menjadi lebih banyak indikator LED yang ada sehingga akan terlihat detail dan menarik. rangkaian berikut ini terdiri dari 20 LED yang mana indikator yang terlihat akan menjadi lebih banyak. Seperti berikut ini:

rangkaian-VU-meter-20-LED-transistorDari rangkaian di atas terdapat potensiometer VR1 yang fungsinya adalah untuk meredam kekuatan sinyal masukan yang berasal dari amplifier agar indikator LED yang dihasilkan tidak terlalu tinggi karena jika sinyal masukan yang masuk pada rangkaian VU meter LED diatas terlalu tinggi, maka nantinya indikator LED yang dihasilkan akan menyala terang semuanya. kemudian setelahnya rangkaian ini tidak jauh berbeda dengan rangkaian sebelumnya yang hanya menggunakan 4 buah dioda LED, hanya saja ada penambahan beberapa dioda LED yang disusun secara seri pada kolektor dari masing-masing transistor.

4 Comments

  1. putz 17 June, 2015
  2. dicky anovry 3 January, 2016
  3. nanapratiwi 27 March, 2017
  4. gepeng 20 July, 2017

Add Comment