Rangkaian VU Display 9 LED untuk Audio

Dalam sebuah perangkat audio yang memiliki kualitas baik, biasanya akan terdapat suatu indikator kekuatan sinyal dari perangkat audio tersebut. baik dari penguat depannya (pre-amp) maupun dari power amplifier itu sendiri. Rangkaian VU Display 9 LED untuk Audio ini akan sangat membantu.

Selain itu, dengan adanya indikator VU display akan membuat perangkat audio semakin menarik dengan iringan cahaya led yang menari-nari senada dengan iringan musik yang sedang didengarkan.

Rangkaian VU display 9 LED ini terdiri dari sebuah IC tipe LB1409 sebagai komponen utama untuk mengontrol cahaya LED yang ada, yang mana IC LB1409 ini sudah di desain khusus untuk driver LED berjumlah 9 baris.

Adapun rangkaian VU display 9 LED untuk audio dapat dilihat sebagai berikut:
rangkaian vu display 9 led untuk audio

Untuk memudahkan perakitannya, ini adalah contoh layout PCB dan tata letak komponennya:pcb rangkaian vu display 9 led untuk audio Jika sudah selesai dibuat, ilustrasi bentuk rangkaian yang sudah jadi kurang lebih terlihat seperti berikut:vu display 9 led untuk audio

Dari skema rangkaian VU display 9 LED diatas terlihat ada beberapa komponen potensiomater yang harud di setel agar rangkaian dapat bekerja dengan semestinya. Potesiometer PR2 berfungsi untuk menentukan tegangan referensi sinyal yang masukan pada rangkaian. sedangkan PR1 berfungsi untuk menentukan nilai sinyal maksimal pada rangkaian, artinya jika sinyal masukan dalam keadaan maksimal, maka LED akan menyala semuanya. PR1 di seting sedemikian rupa agar nyala LED terlihat menari-nari sesuai iringan musik input.

Untuk memberikan hasil yang optimal, pasangkan rangkaian VU display 9 LED ini diantara pre-amp dan power amplifier atau diantara tone control dan amplifier.

One Response

  1. Aghrisa 11 March, 2019

Add Comment