Rangkaian Tone Control Sederhana

Tone Control adalah sebuah rangkaian yang berfungsi untuk mengatur nada audio pada sinyal input. Sinyal input biasanya berupa musik yang berasal dari TV, tape, MP3 dan lain-lain. Sinyal masukan ini terdiri dari beragam frekuensi yang telah dicampur, baik itu frekuensi tinggi maupun frekuensi rendah.

Dengan menggunakan tone control ini, frekuensi nada yang ingin diloloskan dapat diatur dengan mudah. Rangkaian tone control ini adalah tipe tone control aktif dengan menggunakan satu buah transistor.Adapun skema rangkaian tone control sederhana adalah sebagai berikut:rangkaian-tone-control-sederhana
Dari rangkaian diatas terlihat bahwa terdapat 2 pengaturan pada potensiometer, yaitu untuk Bass dan Treble. Fungsi Bass adalah untuk meloloskan nada rendah dengan filter low pass, Sedangkan fungsi Treble adalah untuk meloloskan nada tinggi dengan filter high pass. Hasil dari filter low pass dan high pass ini kemudian dikuatkan dengan menggunakan penguat satu transistor.

Pos Terkait:

13 pemikiran pada “Rangkaian Tone Control Sederhana”

  1. gan, itu inpiutnya dari mana?? truss outputnya langsung ke speaker atau ke amplifier??

    untuk jawabannya terimakasih

    Balas
  2. Comment Text*gan mau tanxa .ak kan punya speaker aktf tp g ada subwofer. bs gk d tmbh ptnsio subwfer tnpa tmbh spker. kyk mdl2 speker akt skg yg plus sbwfer.

    Balas
  3. Gan…bisa bantu,gua punya spaker simbadda cst 8800 N problem nya remote nya rusak parah,jadi suara tdk kuat di speaker kalau di pasangin lagu,ada solusi?soal nya gua cari remote nya kagak ada yang jual.terimakasih

    Balas
  4. pagi mas…..
    mohon solusi, saya punya modul tone control LF196B… masalahnya ketika pot treble diputar seperempat dan penuh suara oke-oke saja tetapi ketika pada posisi di tengah-tengah keluar suara mendesis….itu kenapa ya mas…??? mohon sulusinya. Terimakasih sebelumnya mas…..

    Balas

Tinggalkan komentar