Rangkaian Speaker Protektor Stereo 4 Transistor

Rangkaian Speaker Protektor Stereo 4 Transistor ini memiliki desain yang berbeda dari beberapa rangkaian speaker protektor yang sebelumnya menggunakan satu buat transistor ataupun yang menggunakan 3 buah transistor. Sama-sama di desain untuk keperluan amplifier stereo, speaker protektor ini menggunakan sistem penyearah dioada jembatan (bridge) yang akan mengolah tegangan DC lebih baik untuk men-switch transistor driver yang telah terhubung dengan relay.

Pada prinsipnya rangkaian speaker protektor ini memanfaatkan sinyal output dari power amplifier sebagai sumbernya, Jika terdapat tegangan DC transient pada output power amplifier, baik pada salah satu kanal kiri ataupun kanan, maka relay akan menjadi “OFF”. Kondisi off ini akan bertahan selama tegangan DC ada pada output dari amplifier (input rangkaian speaker protektor). Ketika tegangan DC sudah habis, maka relay akan kebali ON dan speaker pun terhubung kembali dengan amplifier.

Rangkaian Speaker Protektor 4 Transistor

rangkaian-speaker-protektor-stereo-4-transistorKeempat buah dioda IN4148 seperti yang ditunjukan gambar diatas mempunyai fungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi DC, namun sinyal AC yang berasal dari musik tidak akan memberikan pengaruh apapun terhadap rangkaian speaker protektor stereo 4 transistor ini. Namun ketika terdapat tegangan DC ketika pertama kali rangkaian power amplifier dihidupkan, biasanya tengangan DC ini tidaklah bernilai kecil, maka ketika sinyal DC ini masuk, maka salah satu atau kedua transistor C458 di bagian awal akan berubah kondisinya menjadi aktif karena ada tegangan bias positif pada basisnya yang berasal dari sinyal input rangkaian.

Ketika salah satu atau kedua transistor C458 aktif, otomatis tengangan yang terdapat di bagian kolektor transistor ini akan bernilai mendekati 0 volt. Dengan kondisi ini relay akan berada pada kondisi “OFF selama beberapa saat hingga tegangan DC pada input rangkaian speaker protektor telah habis. Seketika itu pula relay akan kmbali pada kondisi ON dan speakerpun terhubung kembali dengan output dari power amplifier.

Seperti halnya rangkaian speaker protektor pada rangkaian-rangkaian sebelumnya, waktu tundaan yang akan diberikan tergantung pada nilai kapasitansi dari kapasitor yang terdapat pada basis transistor driver relay. Dalam hal ini kapasitor yang digunakan adalah tipe elko 220µF/25 V.

Transistor driver yang digunakan untuk menggerakan relay disusun secara darlington agar memiliki penguatan dan sensitivitas yang cukup untuk menggerakan relay. Rangkaian ini cocok untuk dikombinasikan dengan power amplifier daya tinggi, karena relay yang dapat digunakan juga bisa lebih besar dari biasanya.

5 Comments

  1. THeLaNd 9 April, 2017
  2. Komar 13 August, 2017
    • Rida Angga 15 August, 2017
  3. rafi 5 October, 2017
  4. Gede 13 October, 2017

Add Comment