Rangkaian Speaker Protektor Stereo 3 Transistor

Rangkaian speaker protektor ini dirancang untuk penggunaan power amplifier stereo. Yang mana rangkaian speaker protektor ini menggunakan tiga buah transistor yang tentunya lebih baik dari rangkaian speaker protektor sederhana yang hanya menggunakan sebuah transistor saja.

Pada prinsipnya rangkaian speaker protektor stereo 3 transistor ini sama dengan yang menggunakan satu buah transistor, hanya saja pada rangkaian kali ini ditambahkan rangkaian pembanding antara bagian kiri dan kanan (stereo). Sehingga selain speaker protektor ini berfungsi sebagai delay ketika amplifier pertama kali dihidupkan, Rangkaian speaker protektor yang menggunakan 3 buah transistor ini akan mendeteksi kebocoran

Rangkaian Speaker Protektor Stereo 3 Transistor

rangkaian speaker protektor stereo 3 transistor

Dari rangkaian seperti yang ditunjukan gambar diatas, terdapat dua buah transisator tipe BC547 dan BC557. Kedua transistor ini berfungsi sebagai switching control ketika terdapat tegangan DC pada output power amplifier. Jika salah satu kanal kiri atau kanan terdapat kerusakan, maka salah satu dari transistor tersebut akan menonaktifkan relay yang terhubung antara output power amplifier dan loudspeaker.

Pada bagian delay (penundaan) dilakukan oleh kapasitor elko yang terhubung antara resistor 47k, 1k dan basis transistor driver TIP31. Lama dan tidaknya penundaan ini tergantung dari besar kecilnya nilai kapasitansi yang ada pada elko tersebut. Semakin besar nilai elko yang digunakan maka semakin besar pula lama penundaan yang akan terjadi.

Karena rangkaian speaker protektor ini dirancang untuk penggunaan amplifier yang stereo, maka relay yang digunakan pun harus stereo. Relay yang dapat didunakan cukup relay yang kecil dengan arus maksimum 5 Ampere.

PCB Rangkaian Speaker Protektor Stereo 3 Transistor

pcb-rangkaian-speaker-protektor-stereo-3-transistor

Gambar diatas adalah contoh layout PCB rangkaian speaker protektor stereo dengan tiga transistor. Namun Anda dapat membuat sendiri layoutnya dengan kreasi yang mungkin lebih baik. Sebagai informasi tegangan kerja yang direkomendasikan dari rangkaian speaker protektor ini adalah DC 12V. Jika Power amplifier menggunakan tegangan kerja lebih dari 12VDC, maka tengangan untuk mengaktifkan rangkaian speaker protektor harus diturunkan dengan regulator tegangan 7812.

Ketika dalam perakitannya, rangkaian speaker protektor tidak memerlukan pendingin apapun, namun khusus untuk IC 7812 sebagai regulator tegangan power supply nya, sepertinya diperlukan sedikit sirip pendingin karena pada waktu yang cukup lama beroperasi akan terjadi panas pada IC tersebut.

One Response

  1. rahmat 21 March, 2016

Add Comment