Rangkaian Pre-amp Mic Berbasis JFET SK170

Rangkaian pre-amp mic ini terdiri dari sebuah transistor tipe JFET yang disusun secara sederhana dengan beberapa komponen yang dapat dengan mudah didapatkan di pasaran. Pada rangkaian kali ini dikhususkan untuk menguatkan microphone dynamic yang berbasiskan moving coil atau mikrofon yang mengeluarkan sinyal dari lilitan yang bergerak pada medan magnet.

Rangkaian pre-amp mic ini dapat dioperasikan dengan tegangan DC 12V hingga 24V yang teregulasi dengan baik. Tegangan catu yang baik menentukan kinerja dari rangkaian pre-amp ini. Jika tegangan sumber tidak teregulasi dengan baik, maka hasil output biasanya akan timbul beberapa gangguan seperti desis atau dengung halus (humming), tentu hal ini menjadi salah satu faktor yang tidak diinginkan terutama jika akan digunakan pada perangkat audio Hi-Fi.rangkaian pre-amp mic moving coilRangkaian elektronika diatas terdiri dari sebuah transistor JFET tipe 2SK170 sebagai penguat utama. Namun jika 2SK170 sulit ditemukan, maka dapat diganti dengan tipe 2N3819. Nilai R4 pada rangkaian diatas bernilai 3KΩ, bukan 50 (Ralat). Karena rangkaian ini dirancang untuk menguatkan mikrofon yang menggunakan sistem moving coil, maka impedansi input dirancang rendah, sedangkan outputnya memiliki impedansi yang tinggi agar sesuai dengan masukan amplifier utama atau audio compressor.

Daftar komponen rangkaian pre-amp mic berbasis JFET 2SK170

R1 = 100Ω
R2 = *R (load) up to 50Ω
R3 = 50Ω
R4 = 3kΩ
R5 = 1MΩ
C1 = 0,1 uF
C2 = 220uF
Q1 = 2SK170 / 2N3819

Komponen resistor direkomendasikan menggunakan toleransi 5% atau resistor dengan 5 warna, sedangkan komponen kapasitor direkomendasikan menggunakan kapasitor kertas atau mylar. Pada tegangan kerja maksimum 24VDC, rangkaian pre-amp mic ini memiliki penguatan maksimum sekitar 30dB.

Tags: