Rangkaian Power Amplifier OCL 100 Watt

By

Rangkaian power amplifier OCL 100 Watt ini termasuk dalam kategori kalangan yang sudah Pro-Audio. Karena selain daya outputnya yang cukup tinggi, kualitas suara yang dihasilkan cukup memuaskan. Dengan output 100 Watt RMS pada loudspeaker 4 ohm dan 88 Watt RMS pada loudspeaker 8 ohm, menjadikan rangkaian amplifier ini cocok digunakan pada kondisi indoor ataupun outdoor.

Rangkaian power amplifier OCL 100 Watt ini bekerja pada kelas AB yang efisiensinya mencapai ±80%. Pencapaian efisiensi ini sudah cukup baik untuk mendapatkan kualitas suara yang memuaskan dengan respon frekuensi yang luas.

Adapaun rangkaian Power Amplifier OCL 100 Watt adalah sebagai berikut:rangkaian-power-amplifier-OCL-100-WattRangkaian Power Amplifier OCL 100 Watt seperti terlihat gambar diatas menggunakan Pre-Amp berbasis penguat diferensial seperti halnya penguat operasional (Op-Amp) hanya saja pada rangkaian ini menggunakan transistor sepenuhnya. Jika menginginkan daya keluaran yang lebih tinggi lagi, maka transistor MJ15003 dan MJ15004 dapat dipasang secara paralel 2 atau 3 buah. Namun jangan lupa berikan pendingin yang cukup.

PCB Rangkaian Power Amplifier OCL 100 Wattpcb-rangkaian-power-amplifier-OCL-100-Watt

Agar Rangkaian Power Amplifier OCL 100 Watt dapat bekerja sebagaimana mestinya, diperlukan tegangan power supply simetris sebesar  ±38V dengan arus minimal 5A. Karena tegangan kerja dari rangkaian amplifier ini cukup tinggi, agar resiko elektrikal bisa diminimalisir, bisa ditambahkan sekering pada masing-masing output tegangan sebelum masuk pada rangkaian, dan juga pada output sebelum loudspeaker.

9 pemikiran pada “Rangkaian Power Amplifier OCL 100 Watt”

  1. Maaf mas, sya pnya 2 buah speaker 50 watt 4ohm, (2x(50watt 4ohm)). Klo speaker trsebut d psang scara seri ke rangkaian power amplifier OCL 100watt sesuai gmbar d atas ini, kira2 bsa brfungsi optimal gk mas?
    Setahu sya klo 2 speaker 50watt 4ohm d psang seri, hitungan ny mnjadi 100watt 8ohm.. mhon msukan ny mas.. trimaksih..

    Balas
    • Bisa. jadinya 8 ohm 100 Watt. Optimal atau tidaknya tergantung dari kualitas speaker dan amplifier itu sendiri. Misalnya transistor akhir yang digunakan, arus power supply, dll.

      Balas
    • Saya pakai Diptrace dan Eagle PCB, sudah lebih dari cukup untuk keperluan hobbyist. Pakai altium designer juga bisa, tapi agak kompleks dan harga softwarenya mahal.

      Balas
  2. Selamat siang mas, boleh minta daftar komponen dari rangkaian ini? Soalnya mau saya pakai untuk praktek anak didik, sayangnya gambarnya tidak terlalu jelas, sehingga susah untuk membaca daftar komponen. Mohon pencerahannya. Ini alamat e-mail saya tickha.mustika@gmail.com. Terima kasih

    Balas

Berikan Komentar Anda...