Rangkaian Power Amplifier MOSFET 400 Watt IRFP448

By

Rangkaian power amplifier ini menggunakan MOSFET sebagai penguat utamanya yang memiliki daya output 400 Watt RMS pada beban 8 ohm. Dengan menggunakan MOSFET sebagai penguat akhirnya, ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan dari penggunaan transistor sebagai penguat utama seperti tingkat noise (desah) lebih rendah, mempunyai impedansi yang sangat tinggi dan lain-lain.

Rangkaian power amplifier MOSFET yang ditampilkan disini bekerja pada kelas AB dengan konfigurasi OCL. Amplifier berdaya tinggi ini menggunakan beberapa MOSFET tipe IRFP448 yang disusun secara paralel untuk meningkatkan kemampuan penguat arus yang lebih tinggi

Rangkaian Power Amplifier MOSFET 400 Watt IRFP448

Rangkaian Power Amplifier MOSFET 400 Watt IRFP448Agar bisa bekerja dengan semestinya, rangkaian amplifier seperti ditunjukan gambar diatas memerlukan tegangan catu daya sebesar ±70 Volt dengan arus 5 Ampere. Perlu diketahui tegangan catu diatas dapat digunakan jika transistornya memiliki kualitas baik (asli). Jika Anda ragu transistor/MOSFET yang digunakan tidak asli, jangan menggunakan tegangan ±70 Volt tapi coba tegangan dibawah itu.

Rangkaian power amplifier diatas sudah menggunakan proteksi fuse (sekering). Namun tetap saja untuk perlindungan beban loudspeaker tidak ada, mengingat rangkaian power amplifier ini termasuk memiliki daya output yang tinggi, sangat disarankan untuk menggunakan rangkaian speaker protektor.

45 pemikiran pada “Rangkaian Power Amplifier MOSFET 400 Watt IRFP448”

  1. saya punya pa 400watt trafo5ampere kcil 2x tr sanken 2 psang elco 10000/50v tpi kok suara bass jeberr mohon solusinya

    Balas
    • Suara sember bisa disebabkan beberapa faktor. Salah satunya arus Trafonya kurang besar, TR sanken nya tidak asli, atau ada kerusakan di komponen drivernya.

      Balas
    • Idealnya sih 10 A asli. Setidaknya jika menggunakan trafo yang 5 A kalo bisa jangan yang 5 A kecil, karena trafo tersebut outputnya tidak benar-benar 5 A.

      Balas
    • Bisa tapi dilihat dulu impedansi speaker TOAnya, kalau berbeda harus pakai trafo impedansi TOA. Kalau impedansinya sudah sama, alangkah baiknya di kopling dengan elko biar lebih aman.

      Balas
  2. Mf mengganggu gan.. Mau numpang tanya.. Saya punya amplifier 400 watt.. Trafo 5 a besar/ murni.. Trus elkonya 2200 50vol 4 pasang dan subwoofer legaxy 10 inch 200 watt, transistor toshiba 2 pasang.. Tapi pada saat saya puter volumnya sampai di titik jm 11 kok suaranya geber.. Mohon solusinya gan.. Makasih

    Balas
    • Banyak faktor sebenarnya yang menyebabkan suara di speaker “nga-geber”. Salah satunya dari transistor final yang memang kurang kuat mengangkat speaker (kualitas transistor kurang bagus), arus power supply yang kurang kuat, dan lain-lain. Coba ganti transistor final yang Toshiba dengan Sanken misalnya pasti hasilnya akan lain :). Semoga membantu.

      Balas
  3. Gan.. Masih aja nge geber setelah saya ganti sanken asli.. Trafo udah saya ganti yg 10a murni.. Elko saya ganti 10000/50vol 6 pasang.. Tapi hasilnya sama.. Mohon bantuannya gan.. Makasih..

    Balas
  4. Maaf mas…power sy merek pca transistor nya jebol..code nya s50n..Gk d yg Jual..kira2 pa ya jenis transistor yg sama buat penggantinya?..

    Balas
  5. cara merakit power ampli 400 watt.gmna mas posisi nya.travo 5 amper.jalur y. negatif positif nya.di hbungkan yg mna audio input apa ov/ct sp GND…tolong informasi nya mas…

    Balas
    • Gan ..ijin pencerahan ..Trafo di speaker aktif saya konslet..mau ganti dan beli trafo bingung ga keliatan berapa ampernya soalnya kebakar..speaker 2 unit pakai acr 1225 new 400 watt 8 ohm…yg saya mau tanyakan berapa ampere trafonya..atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

      Balas
  6. Gan sy punya power spiker aktif 400 wat dengan tr final IRF 84019, 2 biji kok gak bunyi ya, kira2 apanya ya, dgn trafo switsing, mungkin punya skema piwer itu ya,

    Balas
    • Banyak kemungkinannya mas, coba dicek2 lagi tegangan supplynya, jalur-jalur rangkaiannya, atau pemasangan kaki transistornya (B, C, E) apakah sudah benar?

      Balas
    • 5A besar ya jelas bentuknya pasti lebih besar 🙂 kemudian diameter lilitan primer dan sekundernya juga pasti lebih besar.

      Balas
  7. Mas saya punya kit turbo 400 watt saya pakai travo 5 amper besar tegangan dari travo harusnya diberi tegangan berapa… Tlng pnjelasannya…?

    Balas
  8. assalamualaikum gan..numpang nanya gan…
    saya punya kit power ampli serupa mono barang lama, disana ada mosfet NEC k2372. maklum saya baru belajar ga ngerti banyak beginian.
    apa pake psu smps 10 a 45 v bisa ngga gan?
    trims gan

    Balas
  9. Gan tanya power safari 400 wt mono saya pasang tr thosiba 5200..1 set, taravo 5 a kecil suaranya kog rusuh , kresek” klo kna bass jebeber.., gk beninglah.. , tpi suara ground / dengungny lumayan bersih.., kira ” apanya gan.., maaf pemula ., Masih blajar..

    Balas
  10. Ass..
    Sy jg mo tax mas…
    Sy pux ampli dengan tr mosfet toshiba k2601, 2pasang, sy cek datasheetx cma 125watt, sy mrsa sngat krang maksimal suarax dan berniat ganti trx mas, kira2 tr yg ccok u/ penggantix yg tipe berapa dan yg lbih besar wattx dan komponen apa lagi yang mo diganti mas…

    Balas
  11. Maaf mas mau tanya.
    PA saya pakai 4 buah Tr ansistor yg tulisan di body komponennya itu sama semua.
    Sy pengen gnti dgn merk sanken.
    Nah mslhnya Tr Sanken kan jenisnya set ya, trus gmn tuh mas ?

    Balas
  12. maaf gan saya punya mofet 800 watt kok cepet bng panas yah padahal cuma speaker 10″ nasional elko 8 50 volt 10000 uf trafo 10A apakah harus ada yg di ganti pa gmana gan tolong infoyah

    Balas
    • Apakah mosfetnya asli? apakah sirip pendingin alumunium sudah mencukupi? Kalo hanya sekedar cepat panas sih saya rasa wajar saja selama suhunya dalam batas wajar juga.

      Balas
  13. Mohon infonya gan saya punya trafo yang tegangan dari 220 volt 50 hz ke 21 volt – 0 – 21 volt jadi berapa ampere itu gan?
    Apakah bisa di gunakan yang begitu?

    Balas
    • Kalau cuma dari tegangan susah menentukannya gan, harus dari tampikan fisik juga, baru bisa mengira-ngira trafo tersebut berapa Ampere.

      Balas
  14. Misi saya kan punya kit PA+mixer+echo+power suply donat. Setelah saya rakit trus di pasang mic ko suara nya gk keluar yh. Padahal klo pke input hp bisa. Itu gmna yah

    Balas
  15. Pada skema diatas, Q8 adalah tertulis kode depan transistor yaitu SB, berarti transistor tersebut adalah jenis PNP, akan tetapi gambarnya jenis NPN.
    PERTANYAAN : Manakah yang benar, tulisannya atau gambarnya ???

    Balas

Tinggalkan komentar