Rangkaian Power Amplifier Daya Tinggi 5000 Watt

Rangkaian ini adalah rangkaian Amplifier yang mempunyai daya output besar namun untuk Power Supply yang digunakan adalah menggunakan transformator biasa tanpa menggunakan Power Supply yang lazim. Daya output yang dihasilkan adalah 2500 Watt per channel, jadi untuk rangkaian stereo daya total output dari rangkaian ini menjadi 2×2500 = 5000 Watt RMS.

Prinsip kerja rangkaian power amplifiernya pada dasarnya adalah hampir sama persis dengan rangkaian amplifier dengan sistem OCL. Hal yang harus diperhatikan ketika merakit rangkaian ini adalah hati-hati terhadap aliran power supply yang masuk ke rangkaian karena untuk tegangan supply dari amplifier ini sebagian diambil dari tegangan lilitan trafo yang satu gulungan dengan tegangan AC220V/240 Volt, karena tegangan supply dari amplifier ini sebesar 130 VDC, kemungkinan untuk nyetrum bisa saja terjadi jika tersentuh tangan.

Adapun rangkaian dari Power Amplifier daya tinggi 5000 Watt adalah sebagai berikut:

rangkaian power amplifier daya tinggi 5000 watt

Dalam perakitannya, disarankan untuk menggunakan box yang terbuat dari alumunium atau plat besi agar saluran grounding dapat bekerja dengan baik sehingga resiko dengung halus bisa diminimalisir.

Pos Terkait:

20 pemikiran pada “Rangkaian Power Amplifier Daya Tinggi 5000 Watt”

  1. Ass, sy amplifier dengan sepesifikasinya sbb:
    1 trafo bell 15a 45ct
    2 kit driver yiroshi 3tingkat mono 2 pasang (RL)
    3 tr final sanken 1216/2922
    R 4 pasang tr final
    L 4 pasang tr final
    4 elco 4bh 80v/10.000
    Mohon kiranya di bantu, kira kira brapa watt dayanya. Dengan spek di atas.SYA harap sekali bantuan. Terimakasih..

    Balas

Tinggalkan komentar