Rangkaian Power Amplifier 600 Watt

Rangkaian power amplifier ini memiliki daya 600 Watt pada penggunakan stereo. Amplifier dengan daya tinggi biasanya di desain untuk keperluan outdoor ataupun untuk keperluan panggung-panggung yang memerlukan suara yang dapat menjangkau radius yang cukup jauh.

Rangkaian power amplifier ini menggunakan sistem amplifier OCL dan transistor power yang dipakai adalah tipe MJ11028 dan JM11029 yang mana transistor ini khusus untuk power audio daya tinggi. Driver yang digunakan adalah transistor 2N3055 yang pada amplifier 60-100 Watt transistor ini sering dipakai sebagai penguat akhirnya, namun karena amplifier ini di rancang untuk output yang jauh lebih tinggi, maka 2N3055 ini digunakan sebagai driver.

Rangkaian Power Amplifier 600 Watt adalah sebagai berikut:rangkaian-power-amplifier-600-wattSetiap satu kanal dari rangkaian amplifier ini memiliki daya keluaran 300 Watt pada speaker 8Ω, sehingga untuk kanal stereo menjadi 600 Watt. Untuk power supply yang digunakan tidak terlalu besar, hanya membutuhkan tegangan simetris 30-35 Volt saja, maksimal 38-40 Volt. namun yang perlu diperhatikan mungkin dari arusnya, semakin tinggi arus transformator yang digunakan akan semakin baik. Disarankan menggunakan trafo jenis toroid yang khusus untuk power audio.

Karena daya output dari rangkaian amplifier ini cukup tinggi, maka kemungkinan terjadinya disipasi panas juga besar, untuk itu gunakan pendingin yang cukup untuk semua transistor dan IC pre-amp.

One Response

  1. syukur s 2 April, 2018

Add Comment