Rangkaian Osilator 10 Mhz – 1000 Mhz

Untuk membuat pembangkit frekuensi (osilator) dengan range yang cukup jauh antara 10-1000 Mhz tidak lagi diperlukan rangkaian diskrit yang rumit. akan tetapi cukup dengan satu chip IC dengan beberapa komponen pasif seperti beberapa resistor, kapasitor dan induktor. salah satu Chip IC yang cukup terkenal yang difungsikan sebagai pembangkit frekuensi adalah RF micro device RF2506. IC ini beroperasi dengan tegangan supply antara 2,7 dan 3,6 Volt (3,3 V nominal) dan terdapat osilator yang memiliki tingakt noise yang rendah dengan beberapa transistor dengan pengaturan bias tertentu.

Osilator 10-1000mhz

Selain itu, IC RF2506 memiliki penguat menyangga (buffer) untuk mengisolasi efek beban pada output osilator. Dengan menghubungkan kapasitor feedback C1 dan C2 pada pin 3 IC (FDBK), dan 4 (vtune) mengubah transistor internal menjadi osilator Colpitts. Sebuah resonator juga diperlukan disini yang terdiri dari C4 dan L1, dan digabungkan melalui C3. untuk menghasilkan osilator yang baik, faktor Q dari lilitan kumparan harus setinggi mungkin. ini dapat dilakukan misalnya dengan menggunakankumparan inti udara. dioda D1 berfungsi sebagai pengatur frekuensi.

parts-list

Tabel diatas adalah gambaran indikasi kasar untuk nilai komponen dari berbagai frekuensi. hal ini untuk memberikan titik awal dan memudahkan eksperimen 🙂 kapasitor kopling C5 akan menentukan rentang tuning dari VCO. dari fabrikasi anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang osilator ini.

One Response

  1. ifan 11 June, 2017

Add Comment