Rangkaian indikator sekering putus

Seringkali di berbagai perangkat elektronika jika terjadi kerusakan komponen didalam rangkaian dapat menyebabkan sekering menjadi putus. Namun untuk melihatnya mungkin Anda harus membuka box rangkaian dan mulai menganalisa. Dengan rangkaian indikator sekering putus ini dapat membuat analisa perangkat menjadi lebih mudah.

Rangkaian indikator sekering putus ini dapat dipakai pada perangkat elektronika apa saja yang menggunakan sekering di setiap sebelum listrik jala-jala PLN masuk ke dalam trafo atau rangkaian power supply. Lampu indikator akan mulai berkedip-kedip ketika sekering pada rangkaian telah putus. Artinya di dalam rangkaian telah terjadi kesalahan yang harus dianalisa.

Berikut ini adalah rangkaian indikator sekering putus.

rangkaian indikator sekering putus
Rangkaian indikator sekering putus

Dari gambar diatas terlihat jelas bahwa rangkaian indikator sekering putus ini memiliki konstruksi yang sangat sederhana namun powerfull. Ketika sekering berjalan dengan normal/tidak putus, maka titik A dan B akan saling terhubung secara langsung, sehingga rangkaian tidak akan bekerja dan lampu padam.

Namun ketika sekering telah putus dan menandakan telah terjadi short pada rangkaian, maka secara otomatis titik A dan B akan terdapat tegangan yang sebagian menghantar melalui beban yang telah mengalami short. Kapasitor C1 akan terisi setelah melalui dioda D1 dan resistor R1. Setelah keluaran D1, tegangan yang dihasilkan bukan lagi bolak-balik melainkan sudah menjadi tegangan DC setengan gelombang.

Pada saat lampu menyala, maka kapasitor C satu akan melepaskan muatannya dengan cukup cepat sehingga tegangan yang melalui lampu indikator akan mengalami penurunan. Saat itulah akan timbul efek seperti berkedip-kedip yang sebenarnya itu adalah efek turun naik tegangan yang ditimbulkan akibat pengisian dan pengosongan kapasitor.

Add Comment