Rangkaian Audio VU Display AN6884

VU display atau disebut juga dengan VU meter banyak digunakan sebagai indikator pada peralatan audio dan amplifier. Biasanya posisinya ditempatkan diantara pre-amp dan amplifier. Banyak jenis rangkaian dari VU meter yang menggunakan LED, salah satunya adalah dengan menggunakan AN6884 yang konstruksinya sangat sederhana dan mudah dibuat seperti pada rangkaian berikut ini:

rangkaian-vu-display-AN6884Rangkaian VU display diatas menggunakan lima buah dioda LED saja dengan beberapa pengaturan sederhana. Dioda LED ini dapat ditempatkan secara vertikal maupun secara horizontal. VR 10k berfungsi untuk mengatur sensitivitas dari rangkaian. Sumber tegangan yang dapat dipakaia bisa berasal dari baterai 9V atau catu daya, mengingat rangkaian Audio VU display dengan IC AN6884 ini menyerap arus dengan sangat kecil.

Untuk desain stereo, anda dapat membuatnya menjadi 2 buah yang indikator LEDnya dapat di deretkan sehingga akan tampak menarik dengan indikator LED seiring dengan dentuman musik kesayangan anda.

3 Comments

  1. Sigit 20 August, 2016
    • Rida Angga 21 August, 2016
  2. Mbah Doel 18 November, 2017

Add Comment