Rangkaian Amplifier 4 Channel TDA7375A

Rangkaian power amplifier 4 channel ini menggunakan tipe IC TDA7375A yang pada lazimnya digunakan untuk amplifier mobil. Namun rangkaian ini dapat juga digunakan sebagai penguat audio rumah dengan daya kelas menengah. TDA7375A dapat menghasilkan daya sbesar 18 Watt per channelnya yang mana 2 channel untuk bagian front speaker dan 2 channel lagi untuk rear speaker dan sumber tegangan yang digunakan untuk ampifier ini adalah 12-15 Volt

Meskipun TDA7375A memiliki 4 channel, tidak menutup kemungkinan untuk modifikasi untuk menghasilkan daya yang lebih tinggi misalnya untuk konfigurasi bridge, jadi nantinya dari 4 channel dengan konfigurasi bridge menjadi 2 channel saja, namun daya output akan meningkat 2x.rangkaian-amplifier-4-channel-TDA7375ASebelum masuk pada bagian input IC, tedapat jaringan rangkaian dari R-C yang mana jaringan ini dibangun oleh R1 dan C1 yang memiliki fungsi untuk membuang atau memfilter sinyal interferensi Radio Frekuensi agar tidak masuk pada bagian input dan ikut dikuatkan oleh amplifier. Sedangkan potensiomenter P1 untuk mengatur keseimbangan volume sinyal masukan yang diinginkan.

Contoh layout PCB amplifier 4 channel TDA7375A

Contoh layout PCB amplifier 4 channel TDA7375A

Contoh Tata Letak Komponen amplifier 4 channel TDA7375A

Contoh Tata Letak Komponen amplifier 4 channel TDA7375A

Dalam perakitannya, agar amplifier ini berjalan dengan optimal, jangan lupa memberikan sirip pendingin pada IC dan selalu gunakan power supply yang teregulasi dengan baik.

Add Comment