Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, Mending Mana?

Ketika akan memulai menjadi seorang blogger pemula, pasti muncul beberapa pertanyaan yang muncul terutama mengenai platform blogging yang akan digunakan. Salah satu platform yang paling populer adalah wordpress. Namun wordpress ini ada dua jenis, yang pertama adalah wordpress.com dan wordpress.org. Apa perbedaannya dan lebih baik pilih yang mana?

WordPress adalah aplikasi Content Management System (CMS) yang dapat digunakan untuk membuat artikel post, halaman statis, menu, dan lain-lain tanpa perlu memilirkan bahasa pemrograman yang rumit. Hal ini memudahkan orang yang ingin terjun ke dunia blogging terutama yang masih pemula.

WordPress.com dan wordpress.org adalah sama-sama platform blogging yang pada dasarnya “gratis”, yang mana dari keduanya pasti ada kelebihan dan kekurangan tersendiri.perbedaan-wordpress.com-dan-wordpress.org

wordpress.com adalah layanan blogging instant setup, gratis dan tidak diperlukan pengetahuan pemrograman apapun untuk menggunakannya. hanya beberapa menit registrasi Anda sudah bisa memulai menulis artikel untuk blog anda.

Sedangkan wordpress.org adalah sebuah platform CMS open source yang bisa di download secara gratis. Namun untuk menginstalnya diperlukan sebuah webhosting dan domain sendiri agar bisa menggunakan platform wordpress.org ini. Berikut ini adalah perbedaan wordpress.com dan wordpress.org ditinjau dari kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan WordPress.com:

  • Registrasi sangat mudah dan gratis, hanya cukup menggunakan alamat email sudah bisa ngeblog dengan kapasitas yang cukup besar hingga 3GB per blog. Menurut saya kapasitas sebesar ini sudah lebih dari cukup untuk memulai blog terutama untuk tingkat pemula dan menengah.Namun jika dirasa kapasitasnya kurang, Anda bisa mengupgrade dengan biaya $20 per tahun untuk kapasitas 10GB, $50GB untuk kapasitas 25GB, dan seterusnya.
  • WordPress.com menyediakan backup rutin setiap harinya secara otomatis.
  • Kapasitas Bandwidth yang benar-benar unlimited, ratusan ribu pengunjung perhari dapat ditangani tanpa masalah, tidak ada suspend akun karena bandwidth limited. Benar-benar fasilitas yang sangat bagus untuk sebuah platform blogging gratis.
  • Menggunakan server hosting yang premium kelas terbaik dan memiliki ratusan server kuat yang tersebar di seluruh belahan dunia, sehingga website Anda dapat diakses di seluruh dunia tanpa masalah. Selain itu server wordpress.com hampir tidak pernah mengalami down untuk trafik yang sangat tinggi sekalipun.
  • Mendapatkan full support dari forum, dan terdapat “blogs of the day” sehingga bisa mendapatkan traffik ekstra dari sana.
  • Bisa mendapatkan uang dengan memasang iklan official dari wordpress, yaitu “Wordads”. Hitungan wordads berdasarkan impresi atau banyaknya tayangan iklan yang muncul. Namun untuk bisa berpartisipasi dengan wordads ada syarat khusus yang harus dipenuhi terutama soal trafik. Biasanya trafik minimal untuk dapat berpartisipasi dengan wordads adalah sekitar 2000 visitor unik per harinya.

Kekurangan WordPress.com:

  • Blog miliki kita akan berekstensi situanda.wordpress.com atau ada embel-embel .wordpress.com. Namun Anda bisa membeli custom domain sendiri seperti situsanda.com/org/net. namun ada biaya tambahan domain mapping $13 per tahun, itu belum termasuk biaya domainnya.
  • Setiap blog gratis yang berada di wordpress.com pasti terdapat iklan yang disematkan oleh pihak wp.com sendiri. iklan ini terletak dibawah artikel yang diposting. Iklan ini untuk biaya operasional wordpress.com sendiri. Anda tidak bisa menghilangkan iklan ini secara cuma-cuma, jika iklan ini ingin dihilangkan maka harus membayar $30 per tahun! cukup mahal.
  • Anda tidak diijinkan untuk memasang iklan apapun di wordpress.com selain “wordads” yang mana trafik minimal untuk menjadi partisipan wordads ini harus diatas 2000 pengunjung per hari. Jika diterima sebagai partisipan wordads, penghasilan kita juga akan diprosentase dengan pihak wp.com atau sharing revenue. Apabila Anda tetap memaksa memasang iklan banner, link affiliasi, script adsense dan lain-lain, maka siap-siap saja blog Anda di suspend atau dihapus tanpa peringatan sebelumnya.Hal ini bagi sebagian orang adalah kekurangan yang sangat vital jika tujuan blogging mereka untuk mendapatkan penghasilan karena kekurangan ini benar-benar membatasi orang yang ingin bereksplorasi dengan blognya terutama dalam hal mendapatkan uang dari pemasangan iklan.
  • Di wordpress.com tidak disediakan plugin dan Anda tidak dapat memasang plugin apapun disini karena memang tidak diijinkan. Jika ingin memasang plugin, maka Anda harus mengupgrade ke wordpress.com VIP/enterprise yang biayanya mencapai $500 per bulan.
  • Situs gratis di wordpress.com tidak diijinkan untuk memasang javascript.
  • Sangat sensitif terhadap Term of Service (ToS). jika terindikasi melanggar sedikit saja, langsung di suspend tanpa pemberitauan.
  • Tidak bisa mengupload file selain file yang diijinkan seperti file zip, dll. dan tidak bisa mengupload via File Transfer Protokol (FTP).
  • tidak bisa mengupload dan mengedit tema sendiri terutama theme premium yang disukai. Di wordpress.com disediakan juga tema premium namun terbatas hanya yang ada di sana saja. harganya pun terbilang mahal, $75 per theme. Jika pindah platform dari wordpress.com ke wordpress.org, parahnya lagi theme tersebut tidak bisa ikut di pindahkan alias theme premium yang dibeli di wordpress.com hanya bisa digunakan di wordpress.com saja.
  • Customisasi tema sangat terbatas, seperti warna, dan CSS, jika ingin bisa kustomisasi seperti ini Anda diharuskan membayar untuk custom design seharga $30 per tahun.

Nah, diatas adalah kelebihan dan kekurangan jika menggunakan platform wordpress.com. Bagaimana dengan platform wordpress.org? berikut kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan WordPress.org:

  • Gratis dan sama mudahnya dengan wordpress.com, karena secara tampilan tidak ada bedanya.
  • Full control. Semua kontrol website ada di tangan Anda, mulai dari security website, tampilan dan file editor semuanya ada dalam kontrol penuh Anda.
  • Anda bebas mengupload dan menggunakan plugin, banyak ratusan plugin gratis yang sangat berguna untuk menunjang performa website kita, seperti untuk keperluan Search Engine Optimation (SEO), dan tools-tools penunjang lainnya.
  • Anda bebas mengupload dan mengcustomisasi theme/tema yang diinginkan, baik itu tema berbayar maupun gratis. Semuanya terserah anda ingin tampilan seperti apa sesuai dengan kebutuhannya, apakah itu untuk brand produk, tipe toko online, ataupun blogger profesional.
  • Anda dapat mengupload file apa saja lewat FTP, file zip, MP3, video, dan lain-lain tanpa ada batasan.
  • Anda dapat menghasilkan uang tanpa batasan apapun dari website anda sesuai dengan karakter bisnis yang diinginkan seperti memasang iklan pribadi, Google Adsense, Affiliate marketing, toko online lokal, jasa, dan lain-lain. Bebas pokoknya.
  • Mengkustomisasi tracking website seperti Google analitycs dapat dilakukan dengan mudah.
  • Dapat memasukan javascript dan CSS untuk kustomisasi lebih lanjut.
  • Dan banyak lagi kelebihan lainnya karena platform wordpress.org ini open source sehingga pengembangannya tidak terbatas terhadap website yang diinginkan.

Kekurangan WordPress.org:

  • Seperti website pada umumnya, Anda membutuhkan rumah tempat menyimpan website Anda, yaitu web hosting. Untuk memiliki web hosting ini dibutuhkan biaya yang telatif tergantung kualitas web hosting yang digunakan, baik itu hosting lokal maupun hosting luar. Harga untuk menyewa web hosting yang bagus mulai dari $3 sampai $7 per bulannya untuk hosting luar, sedangkan untuk hosting lokal antara Rp15 ribu hingga Rp50 ribu per bulannya. Selain itu Anda juga harus membeli domain sebagai nama website anda dengan harga 100ribuan per tahunnya.
  • Anda bertanggung jawab sepenuhnya terhadap website Anda, seperti backup database yang rutin karena kita tidak akan tahu apa yang terjadi pada website Anda seperti terkena hack dan lain-lain. Selain itu Anda juga bertanggung jawab terhadap upgrade plugins, theme dan lain-lain. namun hal ini sangat mudah karena cukup kekali klik saja untuk upgrading dan selesai.
  • Resource hosting yang terbatas. Website Anda bisa saja mengalami down jika terdapat trafik yang tinggi dalam waktu yang bersamaan terutama trafik pengunjung perharinya mencapai 5ribu sampai 10ribu visitor unik, atau bahkan lebih. Namun hal itu tergantung web hosting yang digunakan juga. Biasanya Jika website sudah memiliki trafik yang sangat tinggi maka Anda dapat mengupgrade web hosting anda sesuai dengan spesifikasi yang memadai. Tentunya harganya pun akan lebih mahal.

Dari Perbedaan WordPress.com dan wordpress.org, yang mana pilihan terbaik untuk Anda?

Jika Anda adalah seorang blogger personal yang tidak peduli atau tidak berorientasi pada “uang” terhadap website anda dan melupakan segala keterbatasan yang ada, maka wordpress.com adalah pilihan terbaik. Dengan kemudahan akses dan server premium kelas dunia, Anda dapat membuat artikel blogging anda dengan nyaman.

Namun jika Anda ingin terjun sebagai blogger profesional dan ingin memanfaatkan situs blog anda untuk mencari penghasilan seperti memasang iklan, affiliate marketing atau hanya untuk menjual produk tertentu serta membangun brand, atau mungkin menginginkan kebebasan dalam berkustomisasi sesuai dengan tipe website yang diinginkan, maka wordpress.org adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Jika menggunakan wordpress.com, misalnya membeli custom domain seharga $17 per tahun, custom domain $30 per tahun, dan ingin menghilangkan iklan bawaan dari wordpress.com seharga $30 per tahun. Itupun masih belum full control.

Jika menggunakan wordpress.org, misalnya membeli hosting dari hawkhost, bluehost ataupun hostgator dengan harga dibawah $50 pertahun+domain, benefit yang didapatkan akan jauh lebih besar dibandingkan dengan menggunakan wordpress.com sesuai dengan kelebihan yang dijabarkan diatas.

Anda sudah terlanjur menggunakan wordpress.com dan ingin pindah ke wordpress.org, Apakah bisa?

Jawabannya jelas bisa. Ada dua pilihan. Anda dapat menggunakan jasa dari pihak engineer wordpress.com agar websitenya dipindahkan, namun Anda harus membayar “mahal” jasa Guided Transfer seharga $129 per blog.

Pilihan kedua adalah memindahkan sendiri. Namun diperlukan sedikit keterampilan teknis dalam proses pemindahannya. Tapi tidak sulit-sulit amat kok, cukup gampang sebenarnya. Mungkin lain kali skemaku akan memberikan tutorial lengkap proses pindahan dari wordpress.com ke wordpress.org tanpa harus membayar jasa Guided Transfer WordPress.com seharga $129 per blog.

3 Comments

  1. kaltim lowongan 11 September, 2015
  2. Ahmad 1 May, 2016
  3. ayomenulisz 26 February, 2017

Add Comment