Pengertian Processor

Pengertian processor merupakan salah satu komponen dari komputer yang berfungsi sebagai pusat pemroses data yang diperintahkan oleh user melalui input device atau bagian masukan dari komputer.

Bagian masukan atau input dari komputer tersebut dapat berupa keyboard, mouse, joystick, scanner dan lain-lain. Setelah bagian masukan komputer diproses oleh CPU, barulah hasilnya dikeluarkan pada bagian output seperti monitor dan printer, termasuk media penyimpanan data seperti flaskdisk, hardisk dan lain sebagainya.

Processor disebut juga sebagai otak dari komputer, karena berfungsi sebagai pusat pengendali dari segala proses pengolahan data yang ada pada komputer dalam menjalankan tugas, mulai dari perhitungan, desain grafis ataupun bermain game.

pengertian processorPosisi atau letak dari processor ini sangat mudah untuk dikenali. Biasanya letak processor berada di tengah-tengah motherboard. Sebuah processor terhubung dengan motherboard melalui sebuah soket dengan jumlah tertentu, setiap jenis processor akan memiliki socket yang berbeda pula karena struktur dan bentuk layout dari processor yang berbeda pula.

Kecepatan sebuah processor ditentukan melalui beberapa faktor, diantaranya adalah frekuensi kerja dari processor tersebut, semakin tinggi frekuensi kerja dari processor, maka semakin cepat processor tersebut dapat memproses sejumlah data terutama untuk keperluan multitasking. Zaman dulu, frekuensi kerja dari processor berada pada kisaran MHz (Mega Hertz), namun seiring dengan perkembangan teknologi yang ada sekarang ini, frekuensi kerja processor sudah mencapai GHz (Giga Hertz).

Selain frekuensi kerja, hal yang menentukan semakin cepat atau tidaknya sebuah processor adalah teknologi yang dibenamkan pada processor itu sendiri. sejak dulu didalam chip processor hanya ada satu “core” pemrosesan saja, namun saat sekarang ini di dalam satu buah chip processor sudah ada 8 core, bahkan 16 core. Hal ini tentu saja akan sangat membantu untuk berbagai pengolahan data multitasking seperti keperluan gaming, server dan aplikasi yang membutuhkan kinerja berat lainnya.

Banyak merk dan jenis processor yang beredar dipasaran, namun merk-merk dari perusahaan yang sudah mapan dan terkenal diantaranya adalah Intel, AMD, Apple, Cyrix, VIA, IBM, IDT dan lain-lain. Namun pengertian processor dari semua merk sama saja karena mempunyai cara kerja dan fungsi yang sama.

Pengertian Processor Secara Umum

Pengertian processor secara umum, processor terdiri dari tiga bagian utama untuk memproses sebuah data, yaitu Aritcmatics Logical Unit (ALU), Control Unit (CU) dan Memory Unit (MU). ketiga bagian ini mempunyai fungsi-fungsi tersendiri yang terpisah, namun ketika bekerja dalam memproses data, ketiga bagian yaitu ALU, CU dan MU tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Jika ada salah satu bagian dari processor itu rusak, maka pemrosesan data tidak dapat dilakukan yang akan menghasilkan error.

Banyak sebuah komputer ditentukan oleh processor yang digunakan dalam menentukan kualitas dari sebuah komputer. Namun demikian tidak bisa dipungkiri bawa jika menentukan kualitas sebuah komputer hanya dari Processor yang digunakan tidaklah tepat. Karena sebuah CPU komputer tidak berdiri sendiri, banyak faktor yang dapat menentukan kecepatan dari sebuah komputer, yang diantaranya adalah dari motherboardnya, jenis RAM yang digunakan, dan pengolah grafis (VGA).

Dalam memproses suatu data, sebuah processor akan menyedot daya dari power suppy semakin tinggi, akibatnya akan dihasilkan sebuah panas yang cukup tinggi pada badan processor. Oleh kerena itu biasanya setiap processor pada motherboard komputer dilengkapi dengan pendingin yang besar dan lebar. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kestabilan processor dengan suhu dibawah batas yang diijinkan. Bahkan selain pendingin alumunium dibenamkan pula sebuah kipas kecil diatasnya.

Jika sebuah processor tidak menggunakan pendingin, maka hal yang terjadi adalah ketika pemrosesan data terjadi processor tersebut akan langsung mengalami kerusakan bahkan bisa meledak. Bahkan bisa merusak rangkaian elektronika lain yang ada disekitarnya. Untuk itu kestabilan suhu processor sangatlah penting untuk menghasilkan kinerja processor yang optimal. Demikian penjelasan singkat pengertian processor yang ada pada komputer.