Pengalaman Mengganti Layar LCD Macbook Pro Sendiri, Mudah!

Kali ini saya akan menshare pengalaman saya mengganti layar macbook pro sendiri. Ya,, mengganti sendiri tanpa mendatangi service center dengan peralatan seadanya. Apakah mudah? yuk kita simak pengalaman saya mengganti layar lcd macbook pro sendiri 😀

Ketika pengguna macbook pro mengalami masalah atau gangguan pada layar, tentu yang akan dilakukan adalah menghubungi atau mendatangi service center terdekat. Lalu bagaimana jika lokasi ke tempat service center ternyata jauh? terutama ketika macbook pro satu-satunya yang dijadikan daily driver sebagai penunjang produktivitas sehari-hari?

Selain itu macbook pro merupakan salah satu laptop yang bisa dikatakan mahal, bukan hanya harganya yang mahal, namun sparepart dan jasa service yang dibebankan juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan laptop kebanyakan. Memang produk Apple bisa dibilang berbanding luru antara harga dan kualitas. Lalu kenapa LCD layar macbook saya bisa rusak??

O ya, layar macbook pro yang saya ganti adalah macbook pro 13 inchi keluaran tahun 2017, dengan RAM 8GB dan SSD 256GB. Kejadiannya berawal dari ketidaksengajaan “menjatuhkan” macbook pro yang diakibatkan kecerobohan saya hehe.. alhasil macbooknya terjatuh dan mengenai layar bagian bawah. Setelah terjatuh memang layarnya masih menyala namun jadi terdapat garis-garis horizontal di bagian bawah. Awalnya sih biasa saja namun lama-kelamaan garis horizontal tersebut menjadi sering berkedip-kedip yang ternyata mengganggu mata pada saat bekerja.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengganti layar macbook pro ini sendiri. Berbekal melihat-lihat referensi di youtube dan artikel-artikel di internet, maka saya mencoba memberanikan diri untuk mengganti layar macbook pro saya sendiri.

Saat artikel ini ditulis, harga penggantian LCD macbook pro retina 2017 di ibox plus jasa service kurang lebih harus merogoh kocek sekitar 8juta rupiah. Harga ini memang cukup fantastis. Namun ketika mengganti layar macbook sendiri cukup membeli harga sparepart saja sekitar Rp 6 juta. Ya memang LCD yang saya beli bukan dari ibox, namun produk dari china, akan tetapi pada saat saya membeli sparepart tersebut secara online, Seller mengatakan bahwa produk yang ia jual adalah asli dan menjamin bahwa kualitas dan hasilnya sama persis dengan layar asli bawaan yang rusak. Jika berbeda seller berani menggaransi uang kembali dengan dan mengembalikan sparepart LCD yang saya beli dengan catatan tidak ada human error dan cacat.

Beberapa pertimbangan lainnya saya berani mengganti LCD macbook pro sendiri adalah ternyata penggantian tidak sesulit yang dibayangkan (berdasarkan video-video referensi yang saya tonton 😁). Dan memang benar saja setelah mengganti sendiri memang seperti puzzle saja, hanya memerlukan ketelitian saja.

Selain itu, sparepart layar LCD yang saya beli/ganti adalah LCD yang sudah assembly bukan pure plek LCDnya saja. Melainkan sudah berupa layar panel yang lengkap dengan frame alumunium. Jadi saya fikir cuma mengganti dan membongkar bagian engselnya saja, apa susahnya?!

Untuk mempermudah penggantian LCD macbook sendiri, di akhir cerita saya akan membagikan tips dan trik cara mengganti layar macbook sendiri berdasarkan pengalaman saya. So lanjutkan membacanya yahh…

Singkat cerita saya pun mengganti mulai membuka satu-persatu bagian body macbook secara hati-hati. kemudian mulai mempreteli bagian-bagian yang berhubungan dengan layar LCD seperti inverter dan sekrup-sekrup pendukung. Untuk mempermudah saya sertakan pengalaman saya mengganti layar macbook pro ini dalam bentuk video.

Berikut ini adalah sebagian kumpulan foto isi dari macbook pro ketika proses penggantian layar LCD:

Tips dan Trik cara Mengganti layar macbook pro Sendiri >>>

Add Comment