Pemancar FM 1 Watt Empat Transistor

Rangkaian Pemancar FM ini menggunakan empat buah transistor RF (Radio Frekuensi) dan memiliki empat tingkat penguatan, dimana pembangkit frekuensi VHF terdiri dari transistor BF494 (T1), sebuah pre amplifier yang terdiri dari transistor BF200 (T2), sedangkan untuk tingkat kemudi (driver) menggunakan transistor 2N2219 (T3), dan untuk penguat tingkat akhir menggunakan transistor 2N3866 (T4).

Cara kerja dari rangkaian ini cukup sederhana, sebuah mic kondenser yang terhubung dengan input osilator, ketika anda berbicara di depan mic condenser tersebut, maka sinyal modulasi akan terbangkitkan melalui bagian kolektor transistor T1. Sinyal FM yang terdapat bagian osilator kemudian dikuatkan oleh driver transistor 2N2219. penguat ini dirancang sebagai penguat RF kelas A. yang kemudian dikuatkan oleh penguat akhir RF kelas C, yang mana sinyal RF yang cukup besar akan dikirim ke antena dengan impedansi 50Ω. antena yang dapat digunakan lazim-nya adalah antena dipole atau antena ground plane.Pemancar-FM-1-watt-4-transistor

Transistor 2N3866 harus menggunakan pendingin karena jika tidak akan merusak transistor tersebut akibat panas. Trimmer VC1 yang terhubung dengan L1 dapat disetting untuk mendapatkan frekuensi pancar 88-108 MHz. Setelah itu Anda dapat mensetting VC2 sampai VC7 untuk mendapatkan output RF maksimum.

Regulator IC 78C09 berfungsi untuk menstabilkan tegangan 9 Volt pada osilator agar frekuensi pancar tidak berubah-ubah. untuk mengoperasikan rangkaian ini, Anda dapat menggunakan baterai 12 Volt atau menggunakan adaptor. Lilitan L1 sampai L5 terdiri dari kawat email dengan inti udara diameter 8mm yang terdiri dari 4,6,6,5 dan 7 lilitan secara berturut-turut.

One Response

  1. simbol transistor 5 July, 2017

Add Comment