Mengintip Isi Speaker Aktif Simbadda CST6900N

By

Speaker Simbadda merupakan speaker aktif yang banyak dipakai untuk membuat home theater kecil di dalam rumah. Biasanya menggunakan komputer sebagai sumber/input audio-nya. Salah satu tipe speaker simbadda yang cukup populer adalah tipe CST6900N. Simbadda CST6900N memiliki desain yang stylish dan memiliki suara yang mengagumkan. Penasaran apa isi dari speaker ini? yuk kita bongkar πŸ™‚

Simbadda CST6900N
Simbadda CST6900N

Selain terdapat kontrol panel yang memiliki sistem digital, juga dapat di kontrol melalui remote kontrol yang didapat pada saat pembelian. Speaker simbadda CST6900N juga mantap untuk dipakai sebagai sound untuk gaming. Berikut adalah spesifikasi Simbadda CST6900N :

  • Output P.M.O 36W RMS
  • Input impendance 47K Ohm
  • Respon Frequensi 47K ohm
  • Respon satellite speaker 100Hz – 20Khz, Subwoofer 50Hz – 200Hz
  • Speaker satuan 3β€³ / 4 ohm ( magnetic shiled )
  • Power input AC 220V 50hZ

Penasaran apa isi dari suara yang cukup mengagumkan ini, saya mencoba untuk membuka isi dari speaker aktif ini. dalam bayangan saya mungkin menggunakan chip IC yang tidak umum atau menggunakan transistor jengkol seperti 2N3055 dll, dan dilengkapi trafo setidaknya minimal 3 A.

Ternyata setelah dibongkar isinya…

Ternyata cukup mengagetkan hehe… tipe daya IC yang digunakan oleh speaker ini tidak seperti yang dibayangkan, melainkan hanya menggunakan chip IC yang sudah sangat umum dipasaran, yaitu tipe TDA2030 sebagai power amplifiernya. Namun saya cukup kagum dengan rangkaian tone kontrol digital dan rangkaian penerima remote kontrolnya. Β Klik gambar atau new tab untuk melihat gambar dengan jelas.

Meskipun speaker Simbadda CST6900-N ini memiliki konstruksi sederhana namun kualitas suara yang dihasilkan bisa dibilang baik. Mungkin perhitungan desain untuk respon frekuensinya memang sangat diperhatikan oleh engineer yang membuat speaker ini.

153 pemikiran pada “Mengintip Isi Speaker Aktif Simbadda CST6900N”

  1. mw tanya mas, apakah anda bisa merakit speaker buat komputer. klw tersedia saya mw beli gitu mas. mhn maaf sebelumnya. saya ga suka yang fabrikan, saya typikal handmade minded. wass

    Balas
    • Mungkin maksudnya Amplifier ya? bisa saja dibuatkan tapi untuk saat ini belum bisa karena kesibukan saya. Kalo untuk amplifier komputer desktop pakai ampli OCL dibawah 150 Watt yang menggunakan transistor 2N3055 dan MJ2955 itu udah lebih dari cukup.

      Balas
  2. Om admin, mohon info kalau speaker simbadda yg dibongkar ini bisa digunakan dengan inputan DC 12V ga (dengan mengubah rangkaian adaptor ACnya)? kalau bisa, mohon dapat dishare bagian mana saja yg harus dipotong dan dihubungkan ke sumber 12 VDC langsung, saya ingin speaker ini dipasang di mobil tanpa inverter, terima kasih.

    Balas
    • Bisa saja. Gampangnya langsung saja hubungkan catu daya dari mobil ke bagian kaki elko yang paling besar dari rangkaian. jangan lupa soket tegangan dari trafonya dilepas dulu, dan polaritannya jangan sampai terbalik.

      Balas
      • catu daya di mobil cuman 12v. kalau yg untuk speaker simbada itu simetris 12V, 0, -12V. (red Black red) juga perlu catu 10v, 0, -10v (yelow, black, yelow) sesuai gambar di trafo, jadi jlas gak bisa lgsung dicatu dng suplai sumber aki mobil yg 12v, kecuali pkai inverter

        Balas
        • Kalau simetris harus pakai inverter bos
          input dc 12 v to ct +12 v dan -12v
          Kit rangakaian banyak di jual di toko elektronik sekitar 50 rb
          Kalau gak mau pakai inverter ya pakai 2 aki aja bos di bikin cd
          Karena ic power tda menggunakan simetris

          Balas
      • Saya juga pernah nyoba simbadda cst 6300 pasang pakai inverter,trafo di lepas trus sambungin ke elco tp ga mau nyala tuh… mohon petunjuknya maklum belajar buat sendiri

        Balas
      • om, saya mau tanya spiker simbadaa cst 6950n punya saya rusak terus udh bisa sii tp sayang spiker tribelnya hilang ntah ke mana cara buatnya agar bisa keluar tribelnya lg gmn yaa? terus apakah komponennya ada yg rusak?

        Balas
    • Maksudnya ditambahkan satu speaker lagi dalam satu kotak? Tentu tidak bisa. Kalo dua kotak subwoofer digabungkan ya bisa saja tinggal di paralel bagian inputnya πŸ™‚

      Balas
  3. Terima kasih banyak atas postingan di ata mas admin, sungguh benar-benar sangat membantu, selanjutnya saya mau nanya sama mas admin, boleh kan?
    saya juga pnya speaker aktif seperti ini, tp kebetulan rusak, saya bawa ke tukang servise elektronika, katanya ada ic yang harus diganti, yakni IC BT2313M seperti yang tertera pada gambar di atas, saya carai ke beberapa toko elektronika di kota saya dan sampai ke luar kota (bandung dan semarang) tapi tidak berhasil m,enemukan IC tersebut.
    mas admin bisa bantu saya carikan IC itu ga?… kalau ada nanti hubungi via email ya mas?… aku tunggu informasinya. sekali lagi Terima kasih. maju terus skemaku.com

    Balas
    • Di daerah saya juga susah nyari IC itu πŸ˜€ mungkin harus ke daerah Glodok-Jakarta nyarinya. Nanti kalo nemu komponennya ta kasih tau deh.

      Balas
      • Saya juga punya speaker tsb tapi jika ingin memanfaatkan box dan speakernya…. apa saja alat yg diperlukan buat membuat speaker tsb bisa berfungsi kembali? apa cuma kit apli sama powernya?

        Balas
  4. Maaf mas ada tutorial buat bikin speaker aktif sendiri? Yang agak simple, soalnya saya bukan di basic elektro tapi pengen buat speaker aktif sendiri. Di blog” lain banyak yg kasih tutorial, tapi karena ga begitu bisa di elektro saya agak bingung, sekian terima kasih mas.

    Balas
  5. Di skemaku.com belum ada tutorialnya mas, tapi di google memang banyak tutorial speaker aktif. Sebenarnya gampang kok buatnya, bagian intinya adalah Box speaker (dan speakernya), kit amplifier dan catudayanya. Tinggal dirangkai deh πŸ™‚

    Balas
    • Paling panas IC powernya, lagian kalau ditambah speaker lagi, misalnya speaker subwoofer di paralel dua, hasilnya bukan malah tambah bagus malah tambah menurun kualitas suaranya. Kalau mau tambah speaker tambah lagi amplifiernya.

      Balas
  6. Mas, sya adlah pengemar ampli snjk sd klas 5. Sya mau tnya sih, sya itu pnya ampli yg beberpa minggu yg lalu sya bli, di ampli trsbut brtuliskan “AC 18V”. Kebetulan sya pny travo 3A, yg mempnyai output 12V, 15V, 18V, & 20V. Stlah sya smbungkn dri ampli ke travo (18v ke 18v) tpi kok suaraya kcilya, mas??? Tlong sih mas ksih solusi buat sya. Kata pemilik tkoya harus dtmbah ‘dioda’ apa apa tuh gk tau sya mas?? Tlng mas ksih solusiya mas. Mksih seblumya…

    Balas
    • Mungkin bisa diperlihatkan foto cara pemasangannya biar lebih jelas. Suara kecilnya itu seperti apa? kan relatif, tergantung daya dari amplifiernya juga. Kalau memang suaranya sangat kecil meskipun volumenya sudah diputar ke kanan, berarti memang ada masalah dari amplifiernya atau dari sumber sinyalnya.

      Balas
  7. spiker simbadda saya pasang di mobil dengan dengan sumber 12 VDC mau bunyi tapi ko bass nya kadang menghilang gimana om supaya bass oke

    Balas
    • Kalau ingin suaranya mantap buat mobil sepertinya harus pakai speaker dan box yang lebih besar mas, simbadda kurang cocok kalo ingin bass yang super “jedak jeduk” di mobil πŸ™‚

      Balas
  8. maksudnya gini mas kalau d rumahkan langsung daya 220v suaranya oke nah kalau d mobil tanpa menggunakan inverter apa bisa sebagus d rumah cuma pakai 12vdc

    Balas
    • Tegangan mobil 12V nya dihubungkan ke bagian mana? coba perjelas dengan gambar/foto rangkaian pemasangannya.

      Balas
    • Mas mau tanya. CST 6900N Untuk pemakaian 5 menit suara normal tp setelah lbh dr 5 mnit suara langsung berubah kaya kresek” itu apanya ya mas yg harus diganti?

      Balas
  9. Gan ane kebetulan mau benerin cst6950, ada resistor yg gosong di rangkaian powersupplynya, kalo boleh tahu resistor ukuran berapa ya yg deket elco…??

    Mohon bantuannya gan

    Balas
  10. Salam kenal.. Ane mau tanya om, speaker ane simbadda CST-5200 kenapa tidak bisa power on ya ? Ada sesuatu yg rusak kah ? mohon pencerahannya.. Thks πŸ™‚

    Balas
  11. Mas, saya mau nanya kebetulan saya punya simbadda cst 6950n yang hampir mirip dengan speaker di atas apakah bagian depan speaker itu bisa dibuka atau tidak soalnya tombol depan speaker saya bermasalah. terima kasih infonya mas

    Balas
    • Itu pemasangannya semi permanen, bisa saja di buka tapi nanti akan merusak lem kayu-nya, terkadang bagian kayu ada yang sedikit terkelupas, sehingga nantinya pas dipasang lagi harus di Lem lagi. Begitu juga dengan bagian speaker yang mana kain penutupnya juga di lem.

      Balas
  12. simbadda 6950, bro seri ic untuk pengatur Voll, Bass, Loud, Mute apa ya, punyaku rusak, mau ganti ic, serinya dihapus, tolong petunjuknya

    Balas
  13. Selamat malam, Mas Rida.

    Saya Alen, kebetulan saya juga memiliki speaker sepert ini. Kondisinya masih normal hanya saja tombol bagian depan rusak. Saya berencana untuk membeli speaker baru hanya saja rasanya sayang untuk membuang speaker saya ini. Pas saya baca-baca di google nemu lah websitenya Mas Rida. Nah, sebagai orang awam, saya mau tanya kira-kira speaker ini bisa diupgrade gak ya mas kualitasnya menjadi jauh lebih baik? Apakah satellitenya bisa ditambah biar bisa jadi 5.1 gitu? Kira-kira apakah biayanya sama dengan membeli speaker baru?

    Terimakasih sebelumnya.

    Salam,
    Alen Miftahul

    Balas
    • Diupgrade ke daya lebih tinggi rasanya sulit, misal blok amplifier bisa saja diganti, tapi daya speaker subwoofernya belum tentu bisa kuat menahan daya dari amplifier yang sudah di upgrade ke daya yang lebih tinggi. karena di speaker aktif Simbadda semua komponen amplifier dan kapasitas speakernya sudah disesuaikan. Kalau hanya menambah satellitenya jadi 5.1 mungkin bisa.

      Balas
  14. ane punya speaker impedance 8ohm bekas bongkaran speaker aktif yg rusak mas, rencana mau sya rangkai supaya biar bisa dikomputer. apakah bisa mas??
    kalo bisa komponen apa aja yg perlu untuk merangkai agar bisa aktif lagi mas. lagi belajar merakit ni mas. mohon pencerahannya πŸ™‚ suwun mas

    Balas
  15. Saya senang skali baca artikel2 seputar speaker aktif, sy hobby, bahkan hobby itu sy jadikan duit sbg penghasilan tambahan.. Sangat mudah sekali merakit sebuah speaker aktiv, krn kit2 yg kita inginkan, sudah bnyk di jual dipasaran sparepart elektronik.. Mngkin ini bisa menjadi motivasi buat kawan2 yg laen.. Jgn hanya skedar hobby, tp gimana hobby bisa jd penghasilan..

    Balas
  16. mau nanya ,saya awam mslh speaker, saya punya speaker aktif diatas pngen di upgrade nambah subwofer + ampli yg ada dpasaran bsa gak? klo bisa subwofer merk apa n ampli yg lumayan bgus tpi murh merk apa,mkasih

    Balas
    • Nambah subwoofer+ampli lagi bisa saja dan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya hubungkan input ampli subwoofernya ke bagian output subwoofer dari preamp speaker simbadda (bukan output bagian speaker subwoofernya). Jadinya ya harus meraba2 jalur PCBnya πŸ™‚

      Balas
  17. dirumah punya simbadda cst6600n, mic,dvd sama tv led, mau karaoke dirumah, mic nya dipasang ke dvd, tapi ko mic nya ga bunyi ya? padahal baru beli dan d cek waktu d tokonya bagus. apanya yg salah yah? apakah kaset dvd pengaruh ga ya, kaset nya bukan kaset lagu untuk karaoke karena gapunya da belum beli, jadi mic nya ga nyala atau harus ditambah pasang power amplifier? thx ditunggu sharingannya

    Balas
    • Coba dicek2 lagi kabel micnya+setingan2 volume yang ada di DVDnya. gak harus nambah amplifier lagi kok. kecuali mau digedein lagi suaranya.

      Balas
    • Menurut saya sound seperti ini tidak bisa di jadikan sound gitar.. Soalnya sound seperti ini untuk kebutuhan HI-FI saja(kalau di colok pake gitar pasti nada bass dengan trble yg muncul.. Sedangkan sound gitar membutuhkan speaker yg Fullrange dengan karakter Midrange.. “Semoga membantu..

      Balas
  18. permisi kang.,.simbadda saya spt type ini..kalau di tekan tombol power nya tidak keluar bunyinya,tapi kalau di tekan lagi bunyi sekilas…itu kenapa kang..

    Balas
    • Seperti bunyi “dug” bukan? kalo iya itu kasus normal emang dari sana-nya seperti itu. Secara teknis itu suara pengisian kapasitor elko yang ada pada bagian power supply.

      Balas
    • Suara Middle dan treble-nya ada pada kedua speaker satelitnya. Speaker simbadda rata-rata didesain seperti itu, jadi dua buah speaker satelit dan satu speaker subwoofer.

      Balas
  19. pertanyaan ane simple gan. itu kalo remotnya diganti ke tombol fisik gimana caranya tu?. remot ane rusak gan, rencana mau dibuatin tombol volume sama bass nya diputer aja

    Balas
    • Wah susah gan kalo ganti remote, cari remote orang lain yang punya speaker sama aja. remotenya juga sama kok bisa dipakai (pernah nyoba). Asalkan sama2 CST6900n saja. Kalo mau diganti pakai potensio putar bisa saja tinggal dimodif dikit dalemannya.

      Balas
  20. Singkat aja bung, saya punya tape philip sdh g fungsi player vcd, tape kg radionya. Masud saya bisa g ya di diambil komponennya sebagian buat speker aktif, maaf saya awam tentang hal ini mau tanya tukang service takut ketipu lagi. Hehe… Batuin ya bung solusinya matur suwun

    Balas
    • Buat speaker aktif maksudnya gimana? ngerakit? bisa saja tapi sebagian kecil saja. kalo mau buat speaker aktif komponennya mending beli baru. kalo ada speaker bekas yang masih bagus, itu bisa dipakai.

      Balas
  21. Mas,aku mau tanya…aku kan baru beli speaker aktif untuk komputer…terus speaker lama aku masih ada juga…yang mau aku tanya,bisa apa nggak aku koneksiin kedua subwoofernya,biar bsa dpakai kedua2nya,gmna caranya ya?terima kasih mas

    Balas
    • Coba cari dulu bang di Google banyak banget tentang perhitungan-perhitungan daya amplifier. Nanti saya coba posting tentang perhitungan daya amplifier.

      Balas
  22. bang ane mau nanya nei. ak kan juga punya sound seperti rangkaian di atas tuh . . . nah saat ak nyalain tiba2 bunyi druuuudddup githu terus mati deh. kira2 apanya ya gan,. . .? mohon petunjuknya gan

    Balas
  23. Gan mau tanya kan input power 220v 2kabel…trus output nya 3 kabel….yg mau gw tanyain…3kabel tuh kabel apa aja…soalnya mau gw rubah input nya dri aki mobil cman mash bingung kok 3 kabel yg kepake yg mana aja apa yg 2 kabel sama itu buat power input smua….

    Balas
  24. Mas saya mau tnya. Saya punya speker aktif subwofer tp bass’y kurang jelas / kurang mantep. Biar bass’y mantep , komponen apa yg perlu di ganti ? Terima kasih

    Balas
    • Banyak faktor yang menjadikan bass kurang nendang. Diantaranya tipe amplifier yang digunakan, speaker, transistor final yang digunakan, dan lain-lain.

      Balas
  25. Mas speakerq suara cm sblah,trus tiba” lmpu led yg didpan (cover muka speaker aktif) yg gabung dg tone cntrol tiba” mati. Itu knp y mas?!
    Pdhal g ngotak ngatik daerah situ (modul pcb trpisah)
    Apkh sensornya rusak/daerah lain?!

    Balas
    • Coba dicek lagi jalur-jalur kabelnya kalo memang pernah di modif. Kalo tidak ada masalah berarti salah satu kanal amplifier ada yang rusak. coba cek juga tegangan yang masuk ke kaki-kaki IC.

      Balas
  26. Mas saya punya cst6950n smua rangkaiannya udah karatan dan ga bisa di pake lagi, tolong dong infonya rangkaian yg cocok untuk penggantinya.

    Balas
  27. Mas simbada saya yang kebetulan sama dgn seri yg punya mas itu, akhir2 ini suara basnya agak sember klw di naekin bass nya dan itu terdengar kaya Power kurang setrum sebelumnya udah saya modifikasi di rangkaian Power suply pakai dioda kotak elko 50 vout 10000 uf sudah setahun lebih tp beberapa minggu belakangan suaranya berubah demikian, sdh saya coba ganti tahanan di Power suply tersebut ke kondisi standar tapi masih kaya gitu dan sdh saya coba jumper input langsung tanpa lewat pcb ic program remot control ternyata sama aja suara bass nya sember ga empuk, besok mau saya coba ganti ke tiga ic TDA 2030A yg baru klw masih saja demikian kira kira apa ya mas penyakit nya, apakah mungkin ic kecil yg berkaki 8 yg ada deket sekitaran IC TDA itu..??
    Tolong di bantu pokok permasalahan nya Mas RIDA ANGGA yg baik hati dan tidak sombong πŸ™‚
    Terima kasih banyak sebelum nya

    Balas
  28. Mas..
    Salam kenal…
    Saya dulu pakai speaker aktif, namun ganti ke OCL rakitan sekarang…
    Kurang puas ama speaker aktif…
    Saya sih pengen berbagi cerita mas…
    Saya rakit bell 300watt stereo, bell 200watt stereo dan 2 bell 40watt stereo(non simetris power) jadi satu boks ditambah aktif crossover terpisah sendiri…
    Suara menggelegar mas, kayak serasa punya home theatre dirumah cuma kapasitasnya lebih gede…
    Cuma mau tanya nie mas, apakah perlu saya tambahin pake audio isolator biar gak dengung jumpa laptop(charger on)???
    Terima kasih..

    Balas
    • Terima kasih atas sharingnya. Dengung isolasi bisa terjadi karena beberapa faktor salah satunya dari kualitas kabel audio yang kurang baik. Coba ganti kabel audionya dengan kualitas yang lebih bagus, dan rapikan peletakan kabel inputnya.

      Balas
  29. Mas Rida, speaker aktif punya saya sama diatas bisa di upgrade mic ? di toko ada jual modul preamp mic ( ada putaran echo , trebel dll ) apakah bisa di gabungkan ?

    Balas
    • Bisa mas, hubungkan saja bagian out pre-amp mic ke bagian input speaker simbadda. Tapi suara mic akan muncul di speaker satelit saja, karena bagian subwoofer hanya untuk nada rendah (diredam).

      Balas
  30. salam kenal, sy punya salon simbada model cst9980n gak bisa bunyi karena colokan yg menuju to satellite rusak, gimana mas solusinya? apa ada partnya? di samarinda susah carinya. trims

    Balas
    • Ya kalo rusak mau tidak mau harus diganti. Coba cari di tokopedia, namanya jack RCA atau kabel AV juga bisa. Nanti kabelnya dipotong dan disambung dengan kabel satelitnya. semoga membantu.

      Balas
    • Mas..bisa minta tolong difoto isinya..soalnya aku punya speaker simbadda dengan tipe itu dapatnya dari teman..tp kabel2 ya udah putus semua..
      Minta difoto kan isi dalam speaker nya mas

      Balas
  31. Mas saya punya kit speaker aktif daya input dc, saya sudah buat rangkaian power suplaynya tapi ko yang keluar hanya dengung ya. Apa kah saya sudah salah membuat power suplaynya apa gimana mohon petunjuknya mas.
    Terimakasih

    Balas
  32. Mas.. slam kenal..sya baru bljar mslah elektronik mas, sya mau buat amplifier/speaker aktif (untuk PC), komponen yg sya pnya baru 2 buah speaker LG diameter 3inch, 8 ohm, 50 watt..
    Bsa tlong ksi tw gmbar rangkaian PCB ny & kbutuhan komponen2 lain ny gk mas?..
    Sya sdah kotak katik mbah gugel, tp rangkaian yg ada pnggunaan spesifikasi komponen speaker ny tdak sma dgn yg sya pnya.. ada yg watt speaker ny lbih besar.. ad yg lbih kecil.. mhon bntuan ny mas.. trims..

    Balas
  33. aku mau nanya kang ..speker aktif ku trafonya 2 amper kalau diganti yang trafo 5 amper ada perubahan ga ke suaranya?….lebih bagus apa ga kang

    Balas
  34. Permisi mohon pencerahannya Admin.. ane mau tanya, apa subwoofer tipe CST6900-N tersebut bisa dijadikan pengeras suara untuk gitar akustik?
    Kalau bisa, apa saja langkah-langkah yg harus diikuti?
    Terimakasih sebelumnya..

    Balas
    • Bisa saja, saya sudah mencobanya. Tapi ya itu, amplinya paling cukup buat main-main di dalam ruangan kecil aja. Yang perlu disiapkan hanya Spul Gitar, dan Pre-amp gitar/efek. Kalau tidak ada preamp bisa pakai tapedeck atau DVD yang ada input mic karaoke-nya. nanti dari spul gitar dihubungkan ke bagian input mic. Baru outputnya ke Simbadda CST6900-N. Speaker satelit simbaddanya dipakai juga jangan dilepas.

      Balas
  35. Permisi mohon pencerahannya Admin.. ane mau tanya, apa subwoofer tipe CST6900-N tersebut bisa dijadikan pengeras suara untuk gitar akustik?
    Kalau bisa, apa saja langkah-langkah yg harus diikuti?
    Terimakasih sebelumnya..

    Butuh tanggapan..

    Balas
  36. Mas Rida, saya punya speaker aktif Simbadda type cst-6800n, yg tidak berbeda jauh dengan model cst-6900n. Saya mengalami masalah dengan tombol-tombol yang berfungsi sebagai volume control yang berada di panel depan alias tidak berfungsi. Jadi apabila saya mau mengatur volume suara hanya bisa melalui remote control. Saya pernah membuka bagian panel belakang, dan tampak bagian panel depan dibuat permanent. Mohon petunjuknya kira-kira bagian komponent mana yang bermasalah dan bagaimana cara membuka panel depan? Terima kasih atas bantuannya.

    Balas
    • Betul bagian panel tombolnya sepertinya dibuat permanen. Kalo mau dibetulkan ya mau tidak mau harus dibongkar dari bagian dalam. Kemudian ganti tombol-tombolnya. Setelah itu baru dipasang dan di lem lagi bagian kayu di dalamnya.

      Balas
  37. Gan, saya minta tolong bantuannya Speaker Simbadda CST 4600 N, Jack konektor mini din 9 pin (sambungan subwoofer dan rear speaker), konektor nya rusak, saya mohon bantuan urutan warna kabelnya ke konektor mini din 9 pin nya, saya berada di papua, untuk bawa ke servis centernya sangat mahal biaya ekspedisinya pak, mohon dengan sangat bantuannya.

    Terima kasih banyak sebelumnya gan

    Balas
  38. Punten kang saya punya simbadda cst6700 subwofernya mati,sedangkan tweternya masih bunyi,setelah di bongkar tangkainya ada resistor yg gosong,,karena gosong warna juga gosong ga bisa di hitung besarnya,minta pencerahannya,kira kira di ganti pakai yg berapa ohm ,makasih sebelumnya

    Balas
  39. Met Sore mas.
    Ak pny 2 speaker simbadda,keduany seri 6900.
    Tp kit ny pada mati.kedua subwoofer sama tweet ny masih ok.
    Ak pengen satuin 2 speaker dlm satu kit.
    Bisa g ya mas?
    Kira2 kit yg cocok apa y mas,mohon pencerahan ny.
    Makasih sebelum ny.

    Balas
  40. mas, maw tanya, kok speaker simbadda CST 6900 saya, kalo volume diturunin kok bass nya malah ikut turun ya?? ga maw di posisi yg sama, mungkin bisa kasi tips buat ngakalinnya?

    Balas
    • Iya memang pas volumenya diturunkan, suara bassnya juga ikut turun. itu salah satu kekurangannya. Kalo ngakalinya saya belum bisa.

      Balas
  41. Maaf mas Rida Angga saya mw tanya.
    Saya punya speaker aktif GMC model 882B tapi suara bas nya udah kurang enak di dengar, yg saya mw tanyakan, saya kan punya speaker coaxial bekas di mobil model pioner 200 wat, apakah bisa saya pasang ke speaker aktif model GMC atau ada yg harus di ganti komponen nya, kalo ada yg perlu di ganti apa saja yg harus saya ganti komponen nya?
    Trimakasih. . . . . .

    Balas
    • Bisa saja, tapi yang mempengaruhi tingkat suara bass bukan hanya dari speakernya, tetapi bisa dari amplifier itu sendiri (daya ampli kurang besar, rangkaian tone controlnya, dll).

      Balas
  42. mas mau tanya untuk simbadda type cst 6950 tombol power dihidupin, tp lampu gk nyala.. cuma ada suara dug, itu apanya.. apa ic tune controlnya yg rusak..

    Balas
  43. Mas potensio subwoofer simbadda type cst920n tidak berfungsi, belinya dimana ya,karena kalau saya perhatikan bukan tipe carbon dan setelah saya bongkar bentuknya sama sekali lain dari yang pada umumnya

    trims sebelumnya

    Balas
  44. Mas saya mau tanya alat apa saja kah buat bikin ampli bisa angkat minimal 2 bok atau 4 speaker 12 in .. Kekuatan 800 watt..

    Balas
  45. Saya pernah pasang simbadda cst 6300 trafo di lepas trus pake inverter sambungkan ke elco tapi ga mau nyala gima yah bos???

    Balas
  46. Mas saya mau nanya. Rangkaian dalam sound aktif sub woofer gimana gambarnya. Soalnya speaker saya kabelnya yang didalam pada putu semua. Tolong infonya. Makasih

    Balas
  47. Mas saya mau nanya. Rangkaian dalam sound aktif sub woofer gimana gambarnya. Soalnya speaker saya kabelnya yang didalam pada putu semua. Tolong infonya. Makasih

    Balas
  48. mas, pengaturan volume, bass dll diganti dengan tone control manual bisa gak, untuk tipe simbadda kaya punya mas, kalau bisa, kasih contoh rangkainya ya mas. soalnya punyaku pengaturan digitalnya rusak.

    Balas
  49. Salam knal nh…,sy pnya speker aktif simbadda sperti diatas, power c bagus cuma tonecntrol tak brfungsi, kra2 apa rngkaian kntrol yg rusak, stlh sya bongkar ada ic tp seri terhapus, skrnya kalo bgian trsebut yg rusak no seri brapa ya ic itu..thanx.

    Balas
  50. mau tanya ni kang simbada cst 6950n g mau bunyi musiknya sdah sy ganti bru ic powernya dan sudah ok. dah bingung ngatasinya… apakah ic di tone kontrole y mas soalnya jek inputny dipgang jg g d respon sampe d bli kbel RCA bru tp tetep g mau bersuara… mhon bantuanya kang trimmm

    Balas
  51. Prmisi mas mau numpang tanya q punya simbadda CST6950N yg error pd bgian tombol volume tdk brfungsi sma skli. Ic pd bgian trsbut sdh rusak. Kira” tipe icnya brp yaa mas.?? Soalnya ic trsbt kodenya dihapus.
    Dan kalau seumpama mau sya rubah tombol volume tsbt mnjdi potensio putar biasa bisa tdk.?? Yg prlu dirubah dalemannya apa aja yaa mas.
    Mohon bantuannya mas.. Trims

    Balas
  52. Sekedar testimoni aja.
    Saya sudah menggunakan speaker ini selama 7 tahun lebih. Masih kuat. Suara yang dihasilkan masih gahar. Untuk nonton film, gaming dengerin musik performanya masih serasa seperti beli kemaren.

    Ada rusak dikit di tombol volume di subwoofernya sudah tidak main lagi. Tapi remotenya masih bisa. Ini barang worth it banget untuk harga segitu. Kabel audio input yang saya pakai masih punya pabrikan. Untuk kualitas suara biar terdengar lebih baik lagi saya tinggi’in satelit speakernya selevel sama kuping saya ketika duduk di depan komputer.

    Kalo rekomendasi dari bang admin, apakah dengan mengganti kabel audiio inputnya bisa meng-upgrade kualitas suaranya? Kalo iya pakai kabel audio merk apa?
    Bang admin bikin review dong, bandingin kualitas suara speaker ini sama speaker simbadda yang baru baru keluar sekarang. Pengen tahu aja, apa speaker ini masih bisa disejajarkan sama yang keluaran baru. Makasih.

    Balas
    • Menurut saya, ganti kabel audio input tidak akan mengupgrade kualitas suara. Namun semakin bagus kualitas kabel maka nantinya gangguan noise yang timbul bisa diminimalisir. Akan tetapi berdasarkan pengalaman khususnya untuk speaker simbadda kebanyakan, ganti kabel audio input tidak akan berpengaruh banyak terhadap kualitas audio yang dihasilkan. Kecuali untuk audio high end.

      Balas
  53. Sore Mas Angga.
    Mau tanya.
    Speaker saya (CST6900N) rusak pada bagian tune controlnya termasuk receiver remote. Bisa share:
    1. bg mana cara perbaikannya
    2. Skemanya
    Terima kasih
    Tolong sekalian d kirim k alamat email saya ya jawabannya

    Balas
  54. Mas simbada cst 6800 punya saya remotenya hilang bisa nggak diakali tanpa menggunakan remote please butuh pencerahan sayang akhirnya nganggur lama. Terus kalau mau saya manfaatkan buat pasang di mobil yg penggunaan tanpa converter arus 220 ke DC perlu tambahan alat apa aja ( ariessiswanto3@gmail.com)

    Balas
  55. Om saya punya speker simbadda cst1750n dan kalau dirubah jd arus dc. Kabel kuning yg keluar dr travo dihubungkan kemana

    Balas
    • Bisa dihubungkan langsung ke arus DC. Polaritas tidak akan menjadi masalah, karena di dalam rangkaian ampli sudah ada dioda jadi aman. Namun lebih baik arus DC dihubungkan langsung ke jalur elko setelah dioda penyearah, bukan ke kabel kuning. Jika melalui jalur ini perhatikan polaritas jangan sampai terbalik. Ketika arus DC dihubungkan melalui kabel kuning akan ada penurunan tegangan akibat tegangan jatuh dioda namun sangat kecil. Tapi kelebihannya polaritas plus (+) atau minus (-) tidak akan terpengaruh sehingga lebih aman.

      Balas
  56. minta skemanta dong kak…aq ounya amp iyu yp gk tw mana powe4 mana output speaker input serta tone controlnya…

    Balas
  57. Siang bg..aq pny speaker spwrti d atas..kmarin kena sambar petir aliran listrik kmi.kbtlan speakerny posisi off tp kabelnya tercolok k listrik.ktka petir dah g ada aq on kn speakerny tp lampu sensorny g hidup.tp ad bunyi ‘duk’ terdengar.it apanya rusak y bang?

    Balas
  58. Mas mau tanya. CST 6900N Untuk pemakaian 5 menit suara normal tp setelah lbh dr 5 mnit suara langsung berubah kaya kresek” itu apanya ya mas yg harus diganti?

    Balas
    • Banyak faktor sih, Bisa jadi dari elko yang rusak, atau dari IC power ampli-nya sendiri. Coba dilakukan pengecekan tegangan terlebih dahulu apakah normal atau tidak.

      Balas
      • Saya mau tanya mas,,kok tidak bersuara speaker saya cst 6900 stelah d ubah arus k baterai,,hidup tp tdk bersuara,,mohon representasi y mas,, trmksh

        Balas
  59. Permisi mas, mau nanya bisa buatkan panel untuk simbadda CST9850, untuk panel board satelitenya, yang di speaker kecil buat pengatur suara, bas, dan treble..

    Balas
  60. Sya juga pengguna speker Simbokde ini, yg cst 5100n malah cuma pke ic tea 2025.
    Pdhal di datasheet ic itu cm 5watt, tpi di ket simbokde nya tertulis 20wtt rms.?
    Kok bisa gitu ya selisihnya jauh banget.
    Klo soal suara sih emg box sma speker udh di design sma engineering dg bagus, diluar ekspetasi klo blm di bongkar.

    Balas
  61. Om mau tanya klo speaker yg kecilnya berap watt ya? Soalnya punya saya rusak ada yg mo jual 3, 5 ataw 15 watt. Pilih yg mana?

    Balas
  62. Admin saya mau tanya simbada saya tipe cst 1600N pas enak2x dengerin lagu tiba-tiba suaranya mengecil sendiri. Kita” Yg rusak atau yg harus di ganti apanya ya. Mohon infonyaπŸ™

    Balas

Berikan Komentar Anda...