Memperbaiki Keyboard Casio CTK-7000 Tidak Ada Suara Sebelah

Keyboard (organ) merupakan salah satu barang elektronik yang bisa dikatakan awet. Bagaimana tidak, keyboard organ dalam pengoperasiannya bisa seharian non-stop. Misalnya dipakai di acara hajatan atau even-even panggung.

Namun barang elektronik tetaplah barang elektronik. Tanpa kita prediksi ada saja sebagian mengalami kerusakan. Salah satunya tidak ada suara sebelah, Baik itu bagian kiri (L) maupun di bagian kanan. Akan tetapi pada pembahasan kali ini saya hanya akan membahas terbatas pada pengalaman memperbaiki kerusakan keyboard Casio CTK-7000 yang saya miliki. Karena perbaikan kerusakan ketika mengalami kasus yang sama, bisa saja kerusakan dan cara memperbaikinya berbeda. Hal ini lumrah dalam dunia servis elektronik.

Keyboard Casio CTK-7000 ketika pertama kali dibuka

Penyebab keyboard Casio CTK-7000 tidak ada suara sebelah

Sebenarnya saya tidak dapat menyebutkan secara pasti penyebab kerusakan keyboard (organ) secara spesifik, namun hal ini biasanya dapat diperkirakan berdasarkan kerusakan-kerusakan yang biasa terjadi.

Penyebab kerusakan keyboard Casio CTK-7000 yang mengalami tidak ada suara sebelah biasanya terdapat kerusakan komponen pada blok tersebut, hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti listrik PLN yang tidak stabil, faktor lembab di sekitar ruang mesin keyboard sehingga mengakibatkan salah satu komponen rusak, atau ada bagian lain yang rusak sehingga merembet ke bagian rangkaian elektronika lainnya. Namun kerusakan rembetan ini jarang terjadi pada keyboard.

Untuk kasus tidak ada suara sebelah, beberapa bagian yang perlu dicurigai biasanya bagian driver audio setelah motherboard, kemudian bagian amplifier, dan terakhir bagian loudspeaker itu sendiri, termasuk kabel-kabel penghubung diantaranya. Seharusnya mendiagnosa bagian audio tidaklah sulit.

Cara memperbaiki keyboard Casio CTK-7000 tidak ada suara sebelah

Sebelum memulai pemeriksaan dan melakukan perbaikan, setelah keyboard dibuka, terlebih dahulu kita bersihkan debu-debu di semua bagian terlihat dengan kuas halus. Setelah itu baru dilakukan pemeriksaan awal secara fisik kasat mata, apakah ada bagian komponen yang lepas? atau solderan yang retak/kurang baik? atau bagian komponen yang terbakar.

Setelah dilakukan pemeriksaan kasat mata, yang harus dilakukan adalah pemeriksaan tegangan supply di bagian audio, dalam hal ini tegangan audio di sekitar driver dan amplifier adalah +12V. Pada kasus ini, saya menemukan semua tegangan normal dan tidak ada masalah.

Pemeriksaan secara fisik kasat mata dari Keyboard Casio CTK-7000

Karena supply tegangan tidak ada masalah sama sekali, saya mencoba untuk mengecek bagian amplifier apakah berfungsi atau tidak. Caranya adalah dengan memegang dengan probe bagian input dari IC audionya. Dan hasilnya ternyata di bagian speaker kiri dan kanan terdapat dengung yang cukup keras. Artinya bagian amplifier keyboard berfungsi dengan baik.

Kemudian saya beralih ke bagian driver audio, driver audio pada keyboard Casio CTK-7000 menggunakan sebuah IC Op-amp 2068 JRC (total dua buah untuk stereo). Saya melakukan pengecekan di bagian ini ternyata bagian kiri atau L (yang tidak ada suaranya) seperti ter-mute dan tidak mengeluarkan dengung sama sekali seperti halnya bagian R yang berfungsi normal.

Bagian driver audio L dan R Keyboard Casio CTK-7000 yang terdiri dari sebuah IC Op-Amp

Akhirnya saya mencoba menelusuri ke bagian input antara potensiometer volume dan sinyal dari motherboard. Ternyata di bagian ini terdapat sebuah kapasitor yang terhubung singkat atau short. Namun untuk meyakinkan bahwa kapasitor ini short atau tidak, saya kemudian mencoba mencabutnya dengan menggunakan solder uap (spot heater), dan dilakukan pengukuran ulang dengan menggunakan multimeter. Ternyata hasilnya memang short atau terhubung singkat.

Bagian kapasitor C1 yang mengalami kerusakan (short)

Setelah kapasitor ini terdiagnosa mengalami kerusakan (short) akhirnya saya mencoba menggantinya. Dan hasilnya, suara yang asalnya tidak keluar di bagian kiri atau L kembali mengeluarkan suara dengan normal. Karena semuanya dirasa normal, kita tidak perlu lagi menelusuri bagian-bagian lain. Dan perbaikanpun selesai.

Beberapa tips merawat Keyboard (Organ) secara umum agar lebih awet

Dari penjelasan beberapa penyebab yang mengakibatkan keyboard rusak diatas, kita dapat meminimalisir kerusakan komponen keyboard agar umurnya lebih awet. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar umur keyboard (organ) lebih awet.

  1. Pastikan listrik PLN stabil ketika mengoperasikan keyboard organ.
  2. Gunakan soft starting, atau stabilizer listrik untuk memperbaiki kestabilan listrik PLN yang dapat mempengaruhi umur komponen di dalam keyboard Casio CTK-7000.
  3. Simpan keyboard di tempat suhu ruangan yang tidak lembab. Jika digunakan outdoor, pastikan keyboard tidak langsung terkena sinar matahari.

Meskipun beberapa tips diatas dapat membantu memperpanjang umur keyboard organ Anda, namun tidak menutup kemungkinan kerusakan dapat terjadi karena faktor yang tidak diketahui seperti kualitas komponen di dalam keyboard itu sendiri sesuai dengan umur pemakaian yang panjang.

Kesimpulan

Seperti barang-barang elektronik lainnya, keyboard (organ) tidak akan luput dari kerusakan yang mungkin terjadi suatu hari nanti. Namun dengan beberapa tips yang dapat Anda lakukan, diharapkan akan memperpanjang umur dari keyboard itu sendiri.

Jika Anda tidak memahami dasar-dasar elektronik, alangkah lebih baik diserahkan kepada orang yang ahli dalam perbaikan spesialis keyboard (organ). Karena tidak jarang orang mencoba memperbaiki keybord sendiri yang rusak tanpa pengetahuan dasar, akhirnya mengakibatkan kerusakan yang tambah fatal karena kesalahan yang dilakukan tanpa kesengajaan.

Tinggalkan komentar