Ciri-Ciri Lengkap dari Rangkaian Paralel

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rangkaian paralel. Pada pelajaran fisika saat anda sekolah dasar tentu anda sudah mendapatkan ilmu tentang rangkaian listrik jenis ini bukan? Dan mari kita mencoba mengingat kembali tentang ciri-ciri dari rangkaian listrik paralel ini.

Walaupun anda mungkin sudah mengetahui cara memasang listrik paralel namun ada baiknya jika anda juga mengetahui ilmu dan teori dari rangkaian listrik yang satu ini. Nah yang pertama kita akan membahas tentang ciri-ciri rangkaian paralel agar kita lebih mudah memahaminya.

Ciri-Ciri Rangkaian Paralel

Ciri-ciri dari rangkaian elektronika paralel adalah struktur atau susunannya yang tidak sebaris. berbeda dengan Rangkaian seri yang menggunakan struktur berbaris sehingga sumber inputnya berurutan karena dalam rangkaian listrik paralel ini pada bagian input setiap komponennya semua berasal dari sumber yang sama. Jadi semua komponen bisa mendapatkan sumber dan tenaga yang sama oleh karena alasan tersebut maka rangkaian ini juga menjadi rangkaian yang sering digunakan oleh orang yang mengutamakan kestabilan tenaga listrik.

rangkaian paralel lampuCiri-ciri yang selanjutnya dari rangkaian paralel ini adalah pada bagan rangkaian listrik paralel anda bisa menemukan dua buah resistor yang disusun secara paralel atau berjejer. Dan tentu saja masing-masing resistor tersebut dapat menghasilkan sumber tegangan. Yang mana sumber tegangan yang dihasilkan oleh masing-masing resistor tersebut bisa saling melakukan hubungan dari satu resistor ke resistor yang lain. Oleh karena itulah arus listrik dapat mengalir dengan mudah melalui dua jalan atau alur yang berbeda sehingga bisa mencapai tiap-tiap resistor yang ada.

Sebagai contoh dari rangkaian paralel yang paling mudah untuk dipahami dan tentunya sudah bisa anda ketahui karena contoh yang satu ini sudah sangat populer, yaitu lampu lalu lintas. Lampu lalu lintas memiliki prinsip kerja dari rangkaian tenaga listrik paralel. Hal itu bisa kita lihat dari adanya tiga buah lampu yang saling berhubung secara paralel atau berjejeran oleh karena itu lampu bisa saling terhubung antara lampu yang satu dengan lampu yang lainnya. Masing-masing lampu bisa mendapatkan sumber listrik yang sama sehingga tidak bergantung antara lampu yang satu dengan lampu yang lainnya.

Kelemahan Dari Rangkaian Paralel

rangkaian paralelRangkaian yang disebut juga dengan rangkaian listrik berderet ini juga memiliki satu kelemahan. Kelemahannya yaitu dari segi biaya yang tentunya akan lebih mahal jika anda lebih memilih untuk menggunakan rangkaian listrik yang satu ini. Hal itu dikarenakan pada rangkaian paralel anda tentu membutuhkan komponen yang berbeda dan lebih banyak. Selain itu anda juga pasti akan membutuhkan beberapa node untuk saling menyambung penghantaran arus listrik. Namun bagi anda yang mengutamakan kestabilan maka masalah biaya tentu tidak terlalu penting.

Kelebihan Dari Rangkaian Paralel

Walaupun rangkaian paralel tersebut memiliki kelemahan namun ternyata rangkaian tersebut juga menyimpan kelebihan. Kelebihan dari rangkaian paralel ini adalah jika terjadi sedikit kerusakan maka tidak akan berpengaruh terhadap komponen yang lain. Hal ini disebabkan karena rangkaian listrik yang berderet dan masing-masing komponen memiliki sumber energi atau tegangan listrik yang sama sehingga saat ada suatu komponen yang rusak maka komponen yang lain akan tetap mendapatkan sumber tegangannya seperti biasa tanpa adanya gangguan.

Bisa kita ambil sebagai contoh pada lampu lalu lintas tadi, jika lampu merah mengalami kerusakan maka lampu yang lain tidak akan mengalami masalah karena komponen dari lampu merah dan pada lampu lainnya berbeda dan masing-masing menggunakan komponen dan sumber tegangan yang berbeda.