Cara Mengatasi Noise di Mic BM900/Mic USB

By

Bagi pengguna mikrofon USB, mungkin mic BM900 ini sudah tidak asing lagi. Namun mic ini banyak yang mengeluhkan soal noise terutama terdengarnya suara aneh seperti “ngiing” pada saat record. Namun ternyata hal tersebut dapat dihilangkan dengan trik tertentu.

Mikrofon BM900 merupakan seri upgrade dari versi BM700 dan BM800. Salah satu perbedaannya terletak pada koneksi yang menghubungkannya ke komputer. Jika mikrofon BM800 mengadopsi jack 3,5mm sebagai penghubung ke bagian audio laptop/komputer, Sedangkan seri BM900 sudah berbentuk USB.

Artinya sinyal audio dari mikrofon pada seri BM800 disalurkan melalui sinyal audio analog. Sedangkan pada seri BM900 yang sudah mengadopsi USB tipe A ternyata menyalurkan sinyal audio dari mikrofon melalui sinyal digital.

BM900 memiliki rangkaian komponen elektronika yang lebih kompleks, karena dari sinyal mikrofon harus diubah dahulu menjadi sinyal digital melalui chip analog to digital converter. Selain hal ini menjadi kelebihan, juga ternyata menjadi kekurangan dari mikrofon ini.

Anda sebagai pengguna mikrofon BM900, baik itu secara sadar atau tidak pasti merasakan adanya noise tambahan selain bunyi noise “sssshhhh”, yaitu bunyi seperti “ngiiing” pada saat recording melalui software di komputer. Memang tidak besar tapi akan cukup mengganggu bagi sebagian orang terutama yang memiliki telinga yang detail.

Sebelum ke teknik cara mengatasi noise tersebut ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai penyebab timbulnya noise ini. Memang karena ada beberapa faktor menyebab selain harganya yang terjangkau, juga ada beberapa faktor lain seperti kualitas komponen didalamnya, faktor interferensi antara sinyal digital melalui jalur supply tegangan yang melalui rangkaian tersebut, dan lain sebagainya.

Cara untuk menghilangkan noise tersebut sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan cara memberikan filter berupa kapasitor pada jalur supply tegangan dari mikrofon tersebut. Namun sebelum itu Anda harus membongkar bagian case dari mikrofon BM900 agar dapat dimodifikasi.

Untungnya cara membongkarnya tidaklah sulit, cukup dengan memutar bagian bawah berlawanan arah jarum jam yang dekat dengan jack SLR. Kemudian bukalah knob volume dan echo. Setelah itu tinggal menarik bagian bodi utama dari mic tersebut. Ketika sudah selesai dibuka maka akan tampak sepeti gambar berikut ini.

Mikrofon BM900 setelah dibuka.

Setelah dibuka, Anda akan melihat beberapa bagian komponen antara lagin bagian pre-amp, dan dibelakangnya ada sebuah IC untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui kabel USB.

Bagian mic BM900 berisi rangkaian penguat pertama (pre-amp) dan echo.
Rangkaian analog to digital converter

Sekarang pada bagian mana kapasitor harus terpasang? mudah saja, yaitu dengan memasang kapasitor pada bagian tegangan supply dari mikrofon BM900. Dari gambar diatas dapat terlohat dengan jelas mana bagian supply tegangan, yakni kabel merah dan kabel hitam pada bagian bawah yang dekat dengan soket jack SLR. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

Bagian supply tegangan mic BM900

Pemasangan kapasitor dipasangkan paralel pada supply tegangan mic BM900. Oh ya, nilai kapasitor yang digunakan adalah 220uF/16 Volt atau tegangan diatasnya. Nilai sebesar 220uF sudah cukup berfungsi sebagai filter untuk memfilter tegangan supply dari berbagai gangguan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah, dalam pemasangan kapasitor polaritasnya hati-hati tidak boleh sampai terbalik. Jika pemasangan polaritas elko terbalik, maka bisa saja akan merusak mic itu sendiri dan beberapa kasus kejadian, jika pemasangan elko terbalik maka akan menyebabkan elko menjadi mengembang dan akhirnya meledak. Namun karena ini beroperasi pada tegangan kecil (tegangan USB 5Volt), biasanya ledakan tidak akan terjadi atau sangat jarang.

Pemasangan kapasitor (elko) pada mic BM900

Setelah elko sudah terpasang, maka semuanya sudah selesai dan mikrofon dapat dipasangkan kembali pada kemasannya. Setelah itu dapat langsung dicoba dengan menggunakan software recording kesayangan Anda. Untuk melihat versi video yang lebih jelas Anda dapat melihatnya juga pada video berikut ini. Selamat mencoba ๐Ÿ™‚

Tinggalkan komentar