Bongkar Speaker Aktif Simbadda CST4200N Plus Review

Siapa yang tidak kenal speaker simbadda, brand lokal yang satu ini sudah banyak mengeluarkan produk terutama speaker aktif yang dikenal memiliki kualitas suara bagus untuk kelas ruangan atau kamar.

Dan tentu saja kali ini saya berkesempatan untuk membongkar dan melihat isi bagian dalam speaker aktif simbadda CST4200N. Lalu apa saja komponen didalamnya? bagaimana speaker dengan ukuran kecil bisa menghasilkan nada bass yang begitu bulat dan enak? yuk simak terus.

Setahu saya speaker aktif ini (CST4200N) sudah tidak diproduksi lagi dan diganti dengan varian terbarunya, yaitu CST4200N plus. Namun saya amati masih banyak yang masih menggunakan speaker aktif ini. Bahkan di beberapa marketplace, simbadda CST4200N masih ada yang jual dengan harga yang bisa dibilang tinggi.

Baca juga: Bongkar speaker simbadda CST6900N

Fitur Simbadda CST4200N

Speaker aktif simbadda CST4200N

Fitur yang terdapat pada speaker ini sebenarnya standar saja seperti speaker aktif lain pada umumnya. Antara lain pengaturan Volume, bass dan treble. Sayangnya pengaturan ini hanya bisa diatur secara manual tanpa adanya remote control. Jika tersedia remote control seperti misalnya pada simbadda CST6900N, maka speaker ini akan lebih nyaman digunakan.

Meskipun tidak adanya remote control, namun speaker simbadda CST4200N memiliki slot USB dan Micro SD card untuk memutar berbagai format musik seperti mp3. Tentu hal ini menjadi salah satu pelipur lara karena tidak tersedianya pengaturan remote control. Slot USB akan mempermudah Anda dalam memainkan musik tanpa harus menghubungkan kabel input pada komputer/laptop atau sumber audio lainnya.

Selain fitur-fitur diatas, yang membuat speaker aktif ini terkesan mewah adalah adanya aksen cahaya led berwarna biru yang membentuk garis pada bagian depan subwoofer.

Melihat bagian dalam Speaker aktif Simbadda CST4200N

Ketika speaker aktif ini mampu mengeluarkan suara yang begitu apik terutama bassnya yang “jedak jeduk”, membuat saya menjadi penasaran untuk membuka dan membongkar apa saja komponen yang digunakan untuk suara yang sebagus ini.

Setelah dibongkar, ternyata isinya tidak se-rumit yang dibayangkan. pada PCB speaker aktif ini terlihat komponen IC 4558 yang sudah pasti dapat ditebak fungsi IC ini digunakan sebagai Pre-amp. Kemudian untuk power amplifiernya hanya menggunakan IC TDA2030. Tipe IC ini sama persis yang digunakan pada speaker aktif simbadda CST 6900N.

Penggunaan komponen yang familiar ini tentu akan memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah kemudahan dalam reparasi ketika suatu saat speaker aktif ini tidak berfungsi atau rusak. Selain itu karena sistem pengaturan volume, bass, dan treble nya diatur secara manual, kemungkinan modifikasi rangkaian akan jauh lebih mudah dibandingkan yang sudah menggunan pengaturan digital (remote control).

Kualitas dan karakter suara speaker aktif simbadda CST4200N

Suara yang dihasilkan oleh speaker Simbadda CST4200N ini sebenarnya cukup bagus, sound stage-nya juga terdengar cukup berimbang. Namun saya merasa speaker aktif ini lebih condong ke bass dan medium-bass. Untuk nada treblenya menurut saya kurang dan cenderung agak mendem terutama bagian medium-high.

Entah kenapa meskipun saya sudah mencoba mengecilkan sedikit bassnya dan membuat treble full, tetap saja nada tinggi masih dirasa mendem dan kurang. Berbeda jika dibandingkan dengan speaker Simbadda CST6900N yang mampu mengeluarkan suara treble yang sangat jelas dan menonjol. Padahal jika kedua speaker ini dibandingkan, haraga CST4200 jauh lebih mahal dibandingkan dengan CST6900N.

Menurut saya, penyebab nada treble yang kurang dari speaker ini ada di bagian rangkaian ampli yang digunakan. Oleh karena itu jika Anda menginginkan nada treble yang lebih seimbang, Anda dapat memodifikasi lebih lanjut terutama pada bagian tone controlnya.

Satelit dari speaker ini menurut saya cukup bagus dan solid, dimensinya yang mengotak dan adanya ruang udara sebagai penopang speaker, membuat speaker satelit dari CST4200N mampu merespon musik pada bagian medium-bass dengan cukup apik. O ya, saya tegaskan bahwa nada bass yang dirasa kurang bukan disebabkan dari speaker satelitnya.

Karena saya sudah mencoba menggunakan speaker satelit CST4200N di ampli CST6900N dan hasilnya cukup mengejutkan, suara treble terdengar sangat open dan bagus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa karakter suara treble dari CST4200N disebabkan oleh rangkaian ampli didalamnya.

Untuk nada bass subwoofer yang dihasilkan cukup bagus dengan karakter penguat IC TDA2030 yang khas, yaitu cendeung warm dengan nada medium-bass yang sedikit menonjol. Namun nada subwoofer dapat terdengar cukup memanjakan telinga.

Kelebihan Speaker aktif Simbadda CST4200N

Setelah mencoba speaker aktif Simbadda CST4200N ini, saya dapat menyimpulkan beberapa kelebihan speaker aktif ini sebagai berikut.

  1. Suara keseluruhan yang dihasilkan lantang dan bulat.
  2. Bass pada subwoofer lembut dan tidak pecah. Anda tidak akan percaya kalo suara bass ini dihasilkan dari speaker ukuran 4 inci dengan ampli TDA2030.
  3. Box speaker satelit cukup besar.
  4. Terdapat port USB dan Micro SD Card.
  5. Instalasi sangat mudah.
  6. Model masih stylish dan tidak ketinggalan zaman, terdapat garis cahaya dengan aksen biru terkesan mewah.

Kekurangan Speaker aktif Simbadda CST4200N

Disamping kelebihan yang dimiliki speaker aktif simbadda CST4200N ini, juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat dijadikan pertimbangan. Yaitu sebagai berikut.

  1. Nada treble yang keluar tidak terlalu dominan dan cenderung kurang, meskipun sudah terdapat pengaturan tone control didalamnya.
  2. Ketika suara dihidupkan atau dimatikan, keluar suara ledakan “Bop” yang cukup keras. Tentu hal ini mungkin bagi sebagian orang akan mengganggu dan cukup mengagetkan. Dan ini sebenarnya hal yang kurang baik bagi sebuah speaker aktif.
  3. Tidak adanya remote control.
  4. Karena ini produk lama, jadi secara official dari pabriknya sudah tidak diproduksi lagi. Namun masih bisa ditemukan di beberapa marketplace dan ecommerce.

Semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Bongkar Speaker Aktif Simbadda CST4200N Plus Review”

  1. Assalamualaikum…saya punya speaker simbada cst1500n..awalnya tdk bisa bunyi indikator piwer tdk menyala..saya check source output dr trafo bagus ..apakah ada card amplinya yg cocok…usb cardnya apakah bisa dimanfaatkan

    Balas

Tinggalkan komentar