Bongkar Rangkaian USB Charger Mobil (Remax) dan Melihat Cara Kerjanya

Kali ini saya penasaran untuk membuka dan membongkar isi dari usb charger mobil dan melihat bagaimana rangkaian elektronika didalamnya. Dalam hal ini perangkat usb charger mobil yang saya bongkar adalah merk remax. Seperti apa isi rangkaiannya? mari simak terus.

Saat ini usb charger mobil sudah lumrah di kalangan pengguna gadget. Selain bentuknya yang praktis, kita tidak akan kuatir lagi gadget atau smartphone kehabisan baterai, terutama ketika sedang dalam perjalanan. Ketika baterai hape habis dijalan, langsung tinggal colok ke usb charger yang sudah terkoneksi dengan kelistrikan mobil.

Ada banyak rangkaian usb charger mobil yang dapat dibuat sendiri, bahkan sekarang sudah ada mobul rangkaian charger USB yang dapat dibeli dengan harga terjangkau di toko-toko online dan marketplace. Namun saya penasaran dan ingin membandingkan dengan rangkaian usb charger mobil biasa yang menggunakan IC seri 7805. Dan melihat sekilas bagaimana rangkaian ini bisa bekerja, dan dijual dengan harga yang terjangkau pula.

USB charger remax memiliki bentuk yang sangat kecil dan kompak. Ya memang sama seperti pada USB charger mobil pada umumnya. Namun salah satu kelebihan dari USB charger mobil remax ini adalah dia memiliki port USB sebanyak 3 buah dengan berbalut warna biru seperti port USB 3.0 yang ada pada laptop atau notebook. Namun meskipun port USBnya berwarna biru, saya tidak yakin itu port USB 3.0. O ya dibagian sisi dari port USB tersebut terdapat dioda LED sebagai indikator yang akan menyala ketika sumber daya dari mobil masuk ke rangkaian.

Bagian bawah dari USB charger ini juga terlihat sederhana, hanya terdiri dari beberapa resistor untuk mengakomodasi tiga port USB charger USB ini. Fungsi resistor ini akan dijelaskan dibawah pada pembahasan skema rangkaian elektronia-nya.

Secara keseluruhan, bentuk dari rangkaian USB charger remax terlihat memiliki konstruksi yang sangat sederhana. Hal ini terlihat pada bagian atas hanya terdapat komponen 2 buah kondensator, satu lilitan kumparan inti ferit dan soket konduktor untuk menghubungkan dengan soket 12Volt yang ada di mobil. Namun meskipun terlihat sederhana usb charger mobil ini dibuat dari bahan PCB yang cukup tebal dan memiliki kualitas baik, terkesan tidak murahan dan rapi.

Berikutnya adalah bagian bawah rangkaian chargernya yang juga terlihat sangat sederhana, karena hanya terdapat sebuah IC dengan 8 pin. Setelah diamati, IC yang digunakan adalah IC tipe HC2018. Tipe IC ini bisa dibilang kurang dikenal di Indonesia, hal ini mengakibatkan jika terjadi kerusakan pada IC, maka akan sulit mencari penggantinya. Yang artinya jika IC ini rusak, lebih baik membeli baru yang sudah jadi.

Bagian bawah rangkaian usb charger mobil, hanya terdapat satu IC

Selain itu pada bagian rangkaian terlihat jika ada bagian komponen-komponen yang kosong atau tidak diisi. Sekilas dari pengamatan saya, komponen yang kosong ini diperuntukan untuk resistor atau kapasitor. Kalau secara fungsi, usb charger mobil remax tidak ada masalah, namun untuk kestabilan mungkin perlu pengujian yang lebih detail lagi. Mengingat ada beberapa komponen yang tidak diisi.

Rangkaian USB Charger Mobil

Untuk dapat melihat lebih jelas bagaimana prinsip kerja secara umum, berikut adalah rangkaian USB charger mobil merk Remax setelah digambar dengan menggunakan software.

Rangkaian usb charger mobil
Skema rangkaian usb charger mobil

Dari rangkaian diatas ada sedikit keanehan yang belum saya pahami. Pada bagian tiga buah konektor USB, dua konektor hanya terhubung dengan tegangan +5VDC, namun satu lagi pada konektor USB pada bagian tengah terdapat jalur tegangan bias yang bisa dibilang tidak konsisten pada jalur data-nya. Selain itu nilai resistornya juga tidak lazim seperti 51 Kiloohm dan 75 kiloohm. Fungsi dari port USB yang satu masih dipertanyakan, mengingat satu port ini berbeda sendiri dengan kedua port yang ada.

Fungsi IC HC2018 sebagai DC to DC Converter

Tidak ada banyak informasi mengenai tipe IC HC2018, Namun seperti dikutip dari situs en.hcwsemi.com/product/DC-DC-IC.html, Disitu terdapat spesifikasi singkat mengenai IC HC2018. Yaitu IC ini memang khusus diperuntukan untuk keperluan charger mobil dengan tegangan input DC 8V-36 VDC, dengan arus output maksimum 2,4A/5VDC.

Akan tetapi meskipun di website tersebut tertera arus output 2,4A, kenyataanya arus yang masuk ke smartphone tidak lebih dari 1.5A. Namun demikian harganya yang terjangkau membuat kita harus memaklumi kalau kualitas dari usb charger mobil ini sesuai dengan harganya. Mungkin di lain waktu kita coba bongkar dan melihat rangkaian usb charger mobil yang lebih mahal seperti merk Aukey ataupun anker.

Tulis Komentar