Begini cara memasang antena untuk dua televisi yang tepat

Saat sekarang ini banyak orang yang menginginkan efisiensi dalam menerima siaran televisi, terutama di rumah-rumah susun atau kost. Salah satunya adalah dengan memasang satu antena yang digunakan untuk dua atau lebih televisi.

Banyak orang yang secara langsung memasang paralel antara antena dengan masing-masing TV yang terhubung. Permasalahnnya adalah ketika misalnya dua televisi dihubungkan denagn antena secara paralel langsung tanpa adanya komponen lain, maka impedansi dari antena dan televisi akan berubah. Alhasil kualitas penerimaan siaran TV akan menjdi berkurang.

Hal tersebut mungkin tidak ada masalah ketika penerimaan siaran dari pemancar TV sangat kuat. Namun bagaiman dengan penerimaan siaran TV yang biasa-biasa saja atau bahkan cenderung banyak noise/semut?

Bahkan tidak jarang pula setiap orang memiliki televisi lebih dari satu yang menggunakan antena konvensional. Lalu bagaimana cara memasang antena untuk dua televisi tanpa mempengaruhi kualias siaran?

Salah satu cara terbaik adalah dengan memasang rangkaian splitter diantara antena dan televisi yang terhubung. Fungsi rangkaian splitter ini adalah untuk membagi sinyal yang diterima dari antena ke televisi satu dengan yang lain agar tidak menjadi terbebani atau berubahnya impedansi (75 Ω) sehingga kualitas sinyal penerimaan tidak berubah.

Membuat sendiri splitter antena TV

Membuat rangkaian splitter sendiri untuk membagi sinyal antena ke dua televisi dengan impedansi yang sama sangatlah mudah. Yaitu cukup dengan memasangkan beberapa resistor dengan sebuah kapasitor. Berikut adalah rangkaian splitter yang bisa dibuat sendiri.

Rangkaian splitter antena

Input sebelah kiri merupakan sinya dari antena yang disalurkan melalui kabel coaxial 75 ohm. Dari antena kepada televisi 1 hanya terhubung dengan dua buah resistor 22 ohm yang dipasang secara seri sehingga total nilainya menjadi 44 ohm. Sedangkan impedansi yang masuk ke televisi akan membesar menjadi kurang lebih sekitar 80 ohm.

Dalam perakitannya, Anda dapat membuat rangkaian ini yang dikemas dalam sebuah kotak kecil dengan tiga buah konektor antena untuk menghubungkan ketiga saluran anena-TV1-TV2.

Splitter Antena TV yang sudah jadi

Selain splitter antena yang dapat dengan mudah Anda buat sendiri. Bagi Anda yang sedang malas untuk membuat rangkaian ini dapat membeli splitter antena yang sudah jadi. Hasilnya tidak akan berbeda. Namun biasanya para hobi elektronika lebih memilih untuk membuat sendiri rangkaian yang ada karena disitulah letak seninya hobi rangkaian elektronika.

Ada banyak sekali bentuk dan jenis antena splitter yang beredar dipasaran. Bahkan ada splitter antena bukan hanya untuk 2 TV, namun juga hingga 4 TV. Sebagaimana baiknya pun rangkaian antena splitter, menggabungkan 4 buah TV dengan 1 antena tidak dianjurkan karena akan timbul redaman yang mempengaruhi kualitas penerimaan.

splitter antena
Contoh bentuk splitter antena
Contoh bentuk splitter antena yang sudah dilengkapi dengan penguat sinyal.

Untuk mengatasi hal tersebut ada juga dijual antena splitter yang dilengkapi dengan penguat sinyal (amplifier) sehingga dapat dihubungkan dengan lebih dari empat televisi tanpa mengurangi kualitas penerimaan sinyal yang hanya disalurkan dari satu antena. Demikian penjelasan mengenai cara memasang antena untuk dua televisi atau lebih yang benar.

Add Comment