Urutan Processor Intel Dan Inovasinya Dari Awal Produksi Hingga Saat Ini

Dalam sebuah rangkaian elektronika komputer, processor merupakan sebuah komponen yang paling utama. Tugas dari processor itu sendiri hampir sama seperti kinerja otak pada tubuh manusia. Oleh karena itu jika anda menginginkan sebuah komputer yang canggih maka terlebih dahulu anda harus melihat dari sisi processornya.

Salah satu processor yang telah sekian lama malang melintang dan telah mencetak berbagai macam produk dan processor yang sangat canggih adalah Intel. Dari bukti yang telah bisa kita lihat dengan sangat nyata bahwa intel merupakan sebuah processor yang memang telah berkembang sejak lama menciptakan inovasi-inovasi baru dalam dunia komputer.

Terdapat banyak sekali jenis dan tipe dari processor yang telah diciptakan oleh Intel. Dari tahun 80an Intel telah mengembangkan processor yang hingga kini terdapat banyak sekali urutan dari processor Intel tersebut. Dan dari eksistensinya tersebut Intel sangat layak untuk disebut sebagai rajanya processor karena hingga kini pun Intel selalu melakukan pembaruan pada setiap produknya sehingga produk-produknya selalu menjadi yang tercanggih. Dan bukti dari eksistensi Intel tersebut bisa anda lihat pada urutan processor Intel di bawah ini.

Sepak terjang processor Intel pada 10 tahun pertama produksi

pengertian processorProduk-produk dari seluruh urutan processor Intel memang terkenal dengan produk yang paling mutakhir. Dan tidak terkecuali jika kita flash back ke 35 tahun ke belakang. Dimana Intel masih berusaha mengembangkan produk-produk dan inovasinya. Setiap urutan produk processor Intel yang diciptakan selalu menjadi inovasi terbaru dan merupakan yang tercanggih di era-nya. Seperti misalnya processor seri mcs4, processor tersebut merupakan processor paling tua. Dalam artian processor tersebut merupakan processor pertama yang telah diproduksi oleh Intel.

Dan pada 10 tahun pertama produksi, Intel telah menelurkan 14 buah processor. Dan berikut urutan processor Intel pada tahun 1980 hingga tahun 1990. Yang pertama yaitu tadi processor seri msc4, lalu processor 8 bit i8008 dan processor 8085. Tidak puas dengan beberapa processor tersebut, Intel kembali merilis produk micronya yaitu 8086-8088 microprocessor, 286 microprocessor, Intel 386 microprocessor, Intel 486 dx cpu microprocessor. Dan kini dimulailah tahap pentium yakni Intel pentium processor, Intel pentium pro processor, Intel pentium ii, Intel pentium ii xeon, intel celeron, intel pentium iii, dan yang terakhir adalah intel pentium iii xeon.

Processor dari Intel di tahun 1990 hingga 2000

Tidak cukup sampai disitu, pada 10 tahun berikutnya Intel tetap terus mengembangkan inovasi di setiap produknya hingga terciptalah 12 produk processor andalan Intel. Berikut adalah urutan processor Intel untuk tahun 1990 hingga 2000. Ada Intel pentium 4, Intel xeon, Intel itanium, Intel itanium 2, Intel pentium M dan juga Intel pentium m 735/745/755. Yang dilanjutkan dengan produksi intel e7520/e7320 chipset, Intel pentium 4 extreme edition 3.73 ghz, dan Intel pentium d 820/830/840. Dan setelah itu Intel memulai produksi rangkaian processor Intel core yaitu Intel dual core, Intel core 2 duo dan Intel core 2 quad q6600.

Produksi processor pada 15 tahun terakhir

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini Intel memiliki banyak saingan yang membuat intel harus bekerja keras untuk tetap mempertahankan eksistensinya. Dan hal tersebut dibuktikan dengan menciptakan urutan processor Intel pada 15 tahun terakhir ini yakni intel core i5vpro, intel i7vpro, intel i3, intel i5, intel i7 dan yang terakhir yaitu intel i7 processor extreme edition. Dengan banyaknya produk yang terus diluncurkan oleh Intel tentunya sangat mampu membuktikan bahwa Intel sudah sepatutnya diberi anugerah sebagai rajanya processor.