Tips Cara Cloning Hardisk dengan Mudah

Menggunakan komputer untuk membantu pekerjaan memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat saat ini. Komputer sudah sangat penting fungsinya untuk manusia modern ini yang bisa juga menjadi bukti perkembangan pesat teknologi di masa modern. Nah pastinya tidak semua dari anda paham tentang bagian-bagian yang ada di dalam komputer atau laptop anda.

Salah satunya hardisk yang memiliki peran cukup vital untuk komputer baik ketika dioperasikan atau tidak. Nah rangkaian yang ada dalam komputer pastinya juga disusun dengan rangkaian elektronika yang berhubungan juga dengan komponen elektronik.

Menggunakan komputer atau laptop memang sudah menjadi alat pembantu yang sangat penting. Namun jika menggunakan komputer ketika bekerja pastinya pernah ada kejadian untuk berganti dengan komputer lain. Ketika hal ini terjadi anda tidak perlu bingung atau repot memindahkan hardisk dalam komputer satu ke yang lain secara manual karena anda berfikir data anda ada dalam komputer satunya. Ketika hal ini terjadi ada anda bisa menggunakan cloning pada hardisk anda sebelumnya. Nah pasti penasaran kan? Jangan beranjak dulu karena disini akan diuraikan cara cloning hardisk yang cukup mudah untuk anda.

Pengertian cloning hardisk

cara cloning hardiskSetelah menyimak sekelumit uraian yang membuat anda penasaran tentang cara cloning hardisk tersebut maka saatnya anda memuaskan rasa penasaran anda. Nah untuk baiknya anda juga harus memahami arti dari cloning sendiri sebelum mulai mempelajari caranya, karena jika hal tersebut terjadi maka akan membuat anda pusing sendiri. Cloning hardisk merupakan cara yang dilakukan untuk mengcopy berbagai data komputer maupun program yang mungkin memiliki kapasitas besar secara mudah ke komputer lain. Cloning ini akan memudahkan anda untuk menggandakan data atau program ke komputer tanpa harus bersusah payah menginstal ulang yang mana hasil cloning akan sama persis dengan master dalam komputer anda tersebut.

Beberapa cara cloning hardisk yang mudah

Dengan mengetahui pengertian dari cloning pastinya akan memudahkan anda untuk melanjutkan perjalanan untuk mempelajari cara cloning hardisk. Nah tanpa panjang lebar lagi maka sekarang simak beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan jika berkeinginan menggandakan data dari komputer. Pertama, anda harus menyiapkan hardisk yang akan dicloning sebanyak 2 hardisk yang satu hardisk berisi program dan satunya merupakan calon hardisk yang digunakan untuk menggandakan. Langkah selanjutnya anda diharuskan memasang kedua hardisk tersebut dengan format yang satu sebagai pengisi data dan satunya sebagai slave atau hardisk kosong sebagai penerima data. Nah jangan berhenti disini, lanjutkan menyimaknya hingga selesai.

Untuk cara cloning hardisk selanjutnya yakni mulai nyalakan komputer yang anda gunakan yang kemudian langsung klik start dan pilih Explore pada pilihan paling atas. Selanjutnya pada menu bar silahkan klik Tools kemudian Folder Options yang terakhir View. Pada View anda tandai pada Show hidden files anda folders yang kemudian klik Apply dan terakhir Ok. Nah anda sudah bisa mulai memilih file atau program pada hardisk master kemudian copy pada hardisk slave kecuali folder Windows. Untuk berikutnya anda bisa membuat folder dengan nama Windows pada root derectory yang bisa dilanjutkan untuk mengklik folder Windows pada hardisk master yang bisa dicopykan semua pada hardisk slave kecuali file Win386.swp.

Langkah untuk cloning hardisk cukup sederhana bukan? Nah sekarang anda tidak perlu repot-repot jika berkeinginan memindahkan file atau program. Dengan menyimak cara cloning hardisk ini pastinya anda jadi memiliki pengetahuan berharga yang berhubungan dengan komputer. Selamat mencoba!