Simbol Resistor yang Terdapat pada Rangkaian Elektronika

Setiap unsur yang ada pada rangkaian elektronika digambarkan dengan sebuah simbol, baik itu pengkabelan, saklar, dan lan-lain. Salah satunya adalah resistor, resistor dalam rangkaian elektronika digambarkan dengan berbagai jenis menurut standar tertentu. Standar simbol ini biasanya ditentukan oleh dua standarisasi, yang pertama adalah standarisasi Eropa dan standarisasi Amerika.

Meskipun standarisasi dari simbol resistor berbeda-beda, namun pada intinya fungsinya sama saja dan tidak ada bedanya sama sekali, yang membedakan hanya pada penggambarannya saja.

Setiap jenis resistor yang ada digambarkan dengan simbol yang berbeda pula, namun perbedaan itu hanya penambahan dari gambar dasari dari resistor. Adapun simbol resistor digambarkan sebagai berikut:

Contoh Simbol Resistor Standar Eropa dan Amerika

simbol resistor

Simbol Resistor

Dari gambar yang ditunjukan diatas terlihat bahwa perbedaan simbol resistor standar Eropa dan US memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Simbol dari standar Eropa cenderung berbentuk persegi panjang, sedangkan simbol resistor standar Amerika cenderung berbentuk zigzag.

Ketika menggambar rangkaian elektronika, pilihlah salah satu standarisasi simbol yang akan digunakan, apakah akan menggunakan standar Eropa atau Amerika, keduanya sama saja yang terpenting tidak menghilangkan kaidah fungsi dari simbol resistor itu sendiri ketika merancang atau menggambar sebuah rangkaian elektronika.

Baca juga: Kode warna Resistor dan cara membacanya