Simbol Kapasitor pada Rangkaian Elektronika

Semua rangkaian elektronika digambar dengan menggunakan simbol, termasuk komponen kapasitor. Simbol kapasitor pada dasarnya sama, hanya saja ditambahkan beberapa bagian sebagai pengenal untuk menunjukan apakah kapasitor nonpolar, bipolar, atau kapasitor variable.

Seperti halnya resistor, simbol untuk komponen kapasitor distandarisasikan oleh Amerika dan Eropa. Simbol untuk kapasitor standar Eropa terdiri dari dua segiempat yang disejajarkan, sedangkan simbol kapasitor untuk standar Amerika hanya terdiri dari dua garis yang disejajarkan secara vertikal.

Adapun simbol kapasitor digambarkan sebagai berikut:

simbol kapasitor

Simbol Kapasitor

Dari gambar diatas terlihat jelas perbedaan antara simbol kapasitor dari eropa dan US. namun sekilas perbedaan antara simbol dari kapasitor nonpolar dan bipolar hanya terletak adanya kutub positif pada jenis kapasitor bipolar. Begitu juga dengan kapasitor variable biasa dengan trimmer, yang membedakan hanyalah ujung panahnya saja, karena seperti diketahui perbedaan antara varco biasa dengan kapasitor trimmer hanya terletak pada bentuk fisik dan cara mengubah kapasitansinya saja.

Demikian simbol kapasitor yang dipakai pada rangkaian elektronika yang bertujuan untuk memudahkan dalam menggambar dan mendesain rangkaian elektronika yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.