Rangkaian Sensor Suhu Sederhana

Rangkaian sensor suhu ini digunakan untuk mengingatkan bahwa suhu tertinggi yang diizinkan telah melampaui batas, meskipun rangkaian sensor suhu ini tidak memberikan berapa suhu panas yang dideteksi secara langsung, namun pada pengkalibrasiannya dapat digandeng dengan thermometer untuk menentukan batas maksimum suhu yang diizinkan dari parameter yang diukur.

Rangkaian sensor suhu ini dapat digunakan untuk mengukur suhu pada suatu cairan atau benda yang mana jika suhu pada suatu cairan/benda ini melewati suhu yang diizinkan maka alarm peringatan akan berbunyi.

Rangkaian sensor suhu sederhanarangkaian sensor suhu sederhana

 

Prinsip kerja rangkaian sensor suhu ini sederhana. Resistor R5, sensor, dan VR1 disusun secara seri untuk menentukan pembagian tegangan yang akan mengatur tegangan basis transistor Q2, efeknya jumlah nilai pembagian tegangan ini akan menentukan suhu maksimum yang akan diukur.

Sensor yang digunakan pada rangkaian ini adalah tipe LM35 yang mana sensor ini sudah umum sehingga tidak akan sulit didapatkan di pasaran komponen elektronika. Rangkaian alarm pada output tidak harus selalu alarm, dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan, misalnya langsung dihubungkan pada jalur tegangan utama, sehingga ketika sensor menunjukan suhu maksimum maka rangkaian dari parameter yang diukur akan OFF secara otomatis.

9 Comments

  1. adi 27 April, 2015
    • Rida Angga 27 April, 2015
      • adi 28 April, 2015
  2. Rul 12 August, 2016
    • Rida Angga 12 August, 2016
  3. Rul 24 August, 2016
  4. Erick 29 September, 2016
  5. Fendy 3 October, 2016
  6. Soleh 20 October, 2016

Berikan Komentar Anda...