Rangkaian Radio Penerima FM Sederhana 3 Volt

Rangkaian radio penerima FM Sederhana ini 3 Volt ini disusun hanya dengan menggunakan dua buah transistor sebagai bagian penerima radio frekuensi-nya (RF) dan sebuah penguat audio dari IC tipe TDA7050, maka dari itu rangkaiannya cukup sederhana. Bagian output dari rangkaian radio penerima ini menggunakan headphone agar efisiensi daya lebih baik mengingat tegangan yang diperlukan agar rangkaian ini dapat bekerja hanya 3VDC.

Pada dasarnya radio penerima FM sederhana ini terdapat dua bagian utama, yakni bagian penerima RF dan bagian penguat audio. pada bagian penerimanya, terdiri dari dua tingkat transistor tipe BF199. Dengan menggunakan konfigurasi rangkaian RLC, rangkaian ini dapat menerima sinyal antara 88-108 MHZ, yang pengaturan frekuensi penerimaannya dapat diatur dengan menyetel putaran kapasitor variabel C.

Rangkaian Radio Penerima FM Sederhana 3 Voltrangkaian-radio-penerima-fm-sederhana-3v

Karena sinyal dari kedua transistor masih terlalu lemah, maka harus dikuatkan dengan sebuah amplifier audio, yang mana dalam hal ini digunakan IC TDA7050. potensiometer yang terhubung diantara bagian penerima dan amplifier berfungsi sebagai volume. Karena hanya menggunakan tegangan 3Volt, maka rangkaian radio penerima fm ini dapat menggunakan baterai sebagai catu dayanya.

Rangkaian radio ini memiliki sensitivitas penerimaan yang tidak terlalu dapat diandalkan untuk menerima siaran broadcast dari stasiun yang sangat jauh. Maka dari itu penerima radio FM sederhana ini cocok digunakan untuk menerima siaran dari stasiun yang berada di dalam kota saja.

One Response

  1. kosim 24 February, 2017

Tulis Komentar