Rangkaian Protektor Polaritas Terbalik

Ketika mencoba suatu rangkaian elektronika/kit elektronika yang menggunakan catu daya DC tentu tidak lepas dari resiko pemasangan polaritas tegangan catu dari power supply DC menuju rangkaian. Jika pada suatu rangkaian elektronika sudah dilengkapi dengan proteksi tegangan maka mungkin akan aman-aman saja jika salah memasang polaritas tegangan DC. Akan tetapi bagaimana jika salah memasangkan polaritas tegangan DC? dan ternyata pada rangkaian tersebut tidak dilengkapi dengan proteksi tegangan? hal ini tentu bisa merusak rangkaian terutama bagian komponen aktifnya.

Rangkaian protektor polaritas terbalik digunakan untuk menjaga dan mengamankan rangkaian dari kesalahan pemasangan polaritas sumber tegangan DC yang masuk ke rangkaian. Rangkaian protektor polaritas terbalik ini cukup sederhana dengan menggunakan sebuah MOSFET dan beberapa rangkaian pendukung.

Rangkaian Protektor Polaritas Terbalik

rangkaian protektor polaritas terbalikSebenarnya untuk sekedar proteksi polaritas terbalik dapat menggunakan satu buah dioda yang dipasang diantara tegangan catu daya dan rangkaian. Namun rangkaian protektor polaritas terbalik disini menggunakan pendekatan rangkaian yang lebih baik dibandingkan dengan hanya menggunakan satu buah dioda.

Ketika bagian IN dihubungkan dengan catu daya (power supply) dengan polaritas yang terbalik, maka bagian OUT akan bersifat terbuka karena antara kaki Drain dan  Source memiliki resistansi yang sangat tinggi, sehingga rangkaian akan aman dari polaritas terbalik.

Fungsi fuse atau sekering hanya untuk mengamankan dari terjadinya hubung singkat. Ini bersifat opsional saja. tidak digunakan fuse pun tidak akan menjadi masalah.

 

One Response

  1. wen 13 June, 2017

Tulis Komentar