Rangkaian Power Amplifier STK465 Stereo 60 Watt

Rangkaian power dengan menggunakan IC STK sudah populer sejak dulu, dan dikenal memiliki kualitas baik yang banyak digunakan pada perangkat-perangkat audio dengan merk terkenal, seperti Pioneer, Sony, Polytron dan lain-lain. IC STK465 merupakan IC yang didesain khusus untuk perangkat audio dengan daya output 60 Watt Stereo (2 x 30 Watt).

IC STK465 didesain dengan rangkaian hybrida, yakni pencampuran antara Integrated Circuit (IC) dengan transistor sebagai penguat utamanya. Maka dari itu Anda dapat melihat sebuah IC dengan hanya memiliki daya output 2 x30 Watt memiliki dimensi yang cukup besar, Karena jika dibongkar maka akan terlihat sebuah PCB didalamnya dengan beberapa rangkaian IC dan transistor.

Rangkaian Power Amplifier STK465 Stereo 60 Watt

Rangkaian Power Amplifier STK465 Stereo 60 WattRangkaian power amplifier STK465 ini seperti ditunjukan gambar diatas bekerja dengan kelas AB, dan diperlukan tegangan catu daya/power supply simetris ±28 Volt. Untuk memudahkan perakitan, berikut contoh PCB dan tata letak komponen yang digunakan:

Rangkaian Power Amplifier STK465 Stereo 60 Watt

PCB Rangkaian Power Amplifier STK465 Stereo 60 Watt

Untuk mencegah terjadinya dengung pada rangkaian power amplifier ini, gunakan power supply yang sudah teregulasi dengan baik terutama kapasitor elko dari power supply yang digunakan, setidaknya minimal 4700uF/50V. Juga gunakan sistem grounding yang cukup.

One Response

  1. andres 21 May, 2015

Tulis Komentar