Rangkaian Power Amplifier 800 Watt OCL

Rangkaian power amplifier ini termasuk amplifier yang memiliki berdaya output tinggi, sehingga rangkaian amplifier ini sangat cocok untuk pemakaian outdoor dan harus menggunakan loudspeaker yang sesuai dengan daya rangkaian ini. Rangkaian power amplifier 800 Watt OCL bekerja dengan kelas AB, yang mana efisiensi daya yang dihasilkan dapat mencapai 85 persen. Sedangkan tegangan kerja yang dibutuhkan adalah tegangan simetris ±70 Volt.

Daya output yang tinggi dapat dihasilkan karena beberapa akumulasi daya dari transistor penguat akhir yang disusun secara paralel. Hal ini tentu akan membuat keuntungan tersendiri dibandingkan hanya menggunakan satu buah transistor penguat akhir saja.

Rangkaian Power Amplifier 800 Watt OCLrangkaian power amplifier 800 watt ocl

Pada dasarnya rangkaian power amplifier 800 Watt OCL ini sama saja dengan rangkaian OCL pada umumnya, yaitu menggunakan rangkaian diferensial sebagai penguat depan pertama (Pre-Amp), kemudian dikuatkan dengan bagian driver dan penguat akhir. Yang membedakan hanyalah tipe transistor yang digunakan dan beberapa penyesuaian tegangan kerja pada masing-masing bagian amplifier.

Seperti yang ditunjukan gambar skema rangkaian di atas, bagian penguat diferensial disusun oleh transistor Q1, Q2, dan Q3. Yang mana penguat diferensial ini akan berfungsi sebagai penguat depan (pre-Amp) sebelum masuk ke bagian driver.

Pada penguat akhir disusun secara darlington untuk mendapatkan faktor kali penguatan yang kebih besar. Setelah itu untuk menghasilkan penguatan yang lebih tinggi lagi, transistor penguat akhir ditambahkan dengan beberapa transistor lagi yang disusun secara paralel.

Resistor potensiometer trimpot P1 yang berfungsi untuk mengatur bias kerja rangkaian driver. Nantinya potensiometer P1 ini di setel untuk mendapatkan suara yang terbaik (tidak cacat). Penyetelan dari potensiometer P1 ini akan mempengaruhi kualitas suara dari rangkaian amplifier ini. Biasanya jika tegangan kerja yang diberikan pada transistor terlalu besar, suara akan semakin linear namun akan timbul dengung, hal ini juga akan membuat transistor penguat akhir menjadi sangat panas dan tentunya jika dibiarkan lama akan merusak transistor penguat akhir. Sedangkan jika tengan kerja (bias) transistor driver terlalu kecil, biasanya suara yang dihasilkan akan cacat.

Agar menambah keamanan saat perakitan atau digunakan, baik untuk keamanan loudspeaker maupun rangkaian amplifier itu sendiri, disarankan untuk menggunakan rangkaian speaker protektor agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan mengingat harga setiap komponen untuk rangkaian amplifier berdaya tinggi cukup mahal.

Sebuah pengaut akhir yang disusun dengan beberapa transistor secara paralel terdapat kekurangan, biasanya panas yang dihasilkan tidak akan merata, yang mana panas akan menuju satu atau dua titik transistor saja sehingga panas dari masing-masing transistor penguat akhir tidak merata. Maskipun begitu, semua transistor penguat akhir wajib memakai sirip pendingin yang cukup. Jangan lupa juga menambahkan isolator mika pada setiap transistor penguat akhir rangkaian power amplifier 800 Watt OCL ini.

Tulis Komentar