Rangkaian Power Amplifier 300 Watt Lengkap

Rangkaian Power Amplifier 300 watt ini menggunakan sistem OCL dan transistor pada penguat akhirnya. yang mana rangkaian bekerja pada kelas AB dan membutuhkan tegangan supply DC yang simetris. Sebagai penguat akhirnya digunakan transistor MJ15003 dan MJ15004 yang dapat menghasilkan daya output hingga 300 watt.

Kelebihan dari rangkaian power amplifier ini adalah dengan adanya sistem rangkaian proteksi untuk speaker yang ditandai dengan adanya sebuah relay pada bagian outputnya. Hal ini sangat berguna ketika terjadi ledakan pada speaker ketika pertama kali dihidupkan karena adanya tegangan DC transisi, dengan adanya speaker protektor ini, ketika pertama kali dihidupkan maka speaker baru akan terhubungan dengan bagian output amplifier selama beberapa detik (delay).

Adapun Skema rangkaian Power Amplifier 300 Watt adalah sebagai berikut:

Rangkaian-Power-Amplifier-300-Watt

PCB-Rangkaian-Power-Amplifier-300-WattTata-Letak-Komponen-Power-Amplifier-300-Watt

Selain itu sistem proteksi speaker dengan relay juga akan mencegah kerusakan pada speaker ketika terjadi kerusakan pada rangkaian, misalnya pada transistor penguat akhir mengalami kerusakan (short) maka tegangan supply akan langung terhubung dengan bagian output speaker dan hal ini sangat berbahaya dan dapat merusak speaker dengan seketika.

4 Comments

  1. eroensyh 3 February, 2015
  2. Budiharto 21 October, 2017
  3. Jhuvianto 23 October, 2017
  4. LucKy 25 November, 2017

Tulis Komentar