Rangkaian Pembangkit Pulsa 555 1Hz

Rangkaian pembangkit pulsa 1 Hz ini menggunakan chip yang sangat populer yaitu IC timer 555 yang dirangkai sebagai rangkaian multivibrator astabil. pulsa keluaran dari rangkaian ini dapat dilihat dengan nyala LED yang berkedip-kedip sebanyak 1 Hz. pembangkit pulsa ini pada bagian keluarannya menghasilkan gelombang berbentuk persegi. tidak seperti rangkaian multivibrator monostabil, multivibrator astabil tidak memerlukan trigger masukan untuk menghasilkan output. rangkaian pembangkit frekuensi 1 HZ ini dapat diaplikasikan untuk berbagai keperluan, misalnya sebagai clock pada jam digital.

pinout-IC-555

Rangkaian Pembangkit Pulsa 555 1Hzrangkaian pembangkit pulsa 555 1 hz

Sebuah rangkaian Multivibrator astabil dapat dibangun dengan beberapa buah resistor dan kapasitor yang menghasilkan sebuah resonansi R-C yang dibangkitkan dengan IC 555, dimana nilai resonansi R-C ini ditentukan oleh nilai pada resistor dan kapasitor tersebut. untuk menghitungnya dapat digunakan rumus berikut:

Frekuensi = 1,44 / {(R1 + 2R2) * C1}

Sedangkan untuk menghitung duty cycle:

Duty Cycle = (R1 + R2) * 100/ (R1 +2R2), dimana rasio gelombang persegi yang dikeluarkan pada saat kondisi 1 sama dengan kondisi 0.

One Response

  1. Juhadi 1 October, 2015

Berikan Komentar Anda...