Rangkaian Lampu LED Berjalan (Running LED) dengan IC4017

Rangkaian lampu led berjalan merupakan rangkaian yang akan menghasilkan nyala led yang disusun sedemikian rupa secara bergantian. Dalam rangkaian ini dioda led yang digunakan adalah sebanyak 10 buah dioda led. Disebut LED berjalan karena pergantian nyala LED ini seakan-akan seperti berjalan.

Rangkaian lampu led berjalan (running led) dapat dirangkaian dengan beberapa komponen sederhana, salah satunya adalah komponen IC 555. IC 555 berfungsi sebagai rangkaian pewaktu (clock) yang dirangkaian sebagai rangkaian multivibrator astabil (astable multivibrator).

beberapa komponen resistor, kapasitor dan potensiometer pada IC 555 akan menentukan kecepatan pewaktuan yang dapat diatur melalui sebuah potensiometer. pengaturan kecepatan pewaktuan ini akan berpengaruh pada kecepatan iringan nyala led.

Output dari IC 555 dihubungkan dengan rangkaian counter IC 4017 melalui pin 14. IC 4017 juga merupakan salah satu komponen IC yang populer sehingga rasanya tidak akan menemui kesulitan untuk mendapatkannya di toko-toko elektronika. Dari rangkaian terlihat bahwa pin 15 terhubung ke ground. hal ini akan mereset counter ketika sudah mencapai nyala LED terakhir. akibatnya nyala led akan terus beriringan secara bergantian tanpa henti.

rangkaian lampu led berjalan 4017

Rangkaian diatas akan menghasilkan nyala led satu persatu secara bergantian. Jadi ketika lampu LED berikutnya menyala, maka lampu LED yang sebelumnya akan padam dan begitu seterusnya. Lampu LED yang digunakan bisa jenis apa saja, tentunya semakin bagus kualitas LED nya maka biasanya nyala-nya akan semakin terang. Adapun video demo dari rangkaian lampu LED berjalan dapat dilihat sebagai berikut (diambil dari youtube):

_https://www.youtube.com/watch?v=Utm02VZLCh0

Rangkaian lampu LED Berjalan nyala bolak-balik (berputar)

Jika rangkaian lampu LED berjalan diatas menghasilkan nyala LED secara searah, lalu bagaimana jika ingin nyala LED-nya bolak-balik dari kiri ke kanan dan dari kanan ke kiri, dst? hanya dengan memodifikasi rangkaian pewaktu-nya kita dapat membuat rangkaian LED berjalan berpautar secara bergantian, seperti rangkaian berikut:

rangkaian lampu led berjalan berputar 4017

Credit by eleccircuit.com

Prinsip kerja rangkaian diatas tidak jauh berbeda dengan rangkaian sebelumnya, hanya saja nilai komponennya saja yang diubah. Dengan adanya perubahan komponen ini akan berefek pada perubahan frekuensi pulsa yang dihasilkan dari rangkaian pewaktu IC 555.

Untuk tegangan kerja dari kedua skema rangkaian diatas dapat bekerja dengan tegangan +6 VDC hingga +9VDC, sehingga cocok untuk penggunaan mobil yang menggunakan sumber tenaga baterai. Selain itu dari konstruksi rangkaian elektronika yang begitu sederhana, rangkaian lampu led berjalan ini dapat dikemas dengan PC yang kecil.

6 Comments

  1. sufri 17 October, 2015
  2. Raditya 9 December, 2015
  3. chuki 18 December, 2015
  4. Adhelfrit 21 March, 2016
  5. putra 4 April, 2016
  6. USU ANANG 30 September, 2016

Berikan Komentar Anda...