Rangkaian Inverter 12 VDC ke 220 VAC-100 Watt

Rangkaian inverter 100 Watt ini sepenuhnya menggunakan transistor yang mudah sekali didapatkan dipasaran. Output dari rangkaian ini dapat digunakan untuk keperluan lampu emergency, atau untuk peralatan elektronika yang membutuhkan daya kecil.

Bagian pembangkit frekuensi (osilator) dibangun oleh dua buah transistor Q1 dan Q2 yang berfungsi sebagai flip-flop yang akan menghasilkan frekuensi 50Hz. Dari osilator ini kemudian diumpankan pada rangkaian driver yang dibangun oleh Q3 dan Q4 yang pada akhirnya dikuatkan oleh penguat akhir Q5 sampai Q8 yang di susun dengan metode seperti darlington.

Untuk trafo T1 dapat menggunakan trafo biasa 3A-5A yang input 220Volt-nya dibalik menjadi output, sedangkan output 12 voltnya diubah menjadi input yang terhubung dengankolektor transistor penguat akhir. Adapun skema rangkaiannya sebagai berikut:

rangkaian-inverter-dc-12v-ke-220v-ac-100-watt

pcb-inverter-dc-12v-ke-220v-ac-100-watt

Meskipun pada rangkaiannya terlihat sedikit rumit, namun sebetulnya sederhana. Jangan lupa dalam perakitannya, transistor di bagian akhir diberikan pendingin yang cukup karena pada saat ada beban yang dihubungkan, transistor ini akan mengeluarkan suhu panas. semakin besar daya beban yang diserap maka transistor akan semakin panas pula.

Tags:

One Response

  1. Sunacan 26 August, 2016

Berikan Komentar Anda...