Rangkaian Headphone Tanpa Kabel

Headphone tanpa kabel ini pada dasarnya menggunakan gelombang radio sebagai jalur transmisinya sehingga penggunaan kabel digantikan oleh jalur gelombang radio tersebut. rangkaian headphone tanpa kabel ini terdiri dari dua rangkaian, yaitu bagian pemancar dan penerima. pada bagian pemancarnya, daya pancaran sinyal kurang lebih jaraknya adalah radius 2 meter, menggunakan pembangkit frekuensi (osilator) 1750KHz dan 3500KHz.

Rangkaian Pemancar dari Headphone tanpa kabel:headphone-tanpa-kabel-(pemancar)

 

Untuk antena yang digunakan adalah nyaris tanpa menggunakan antena, yaitu hanya menggunakan lilitan ferite sebagai antenanya. IC1 adalah Op-Amp tipe 741 yang berfungsi sebagai penguat sinyal audio, sedangkan T1 sebagai buffer. Ketika rangkaian pemancar bekerja, maka dioda LED D1 akan menyala.

Komponen yang digunakan sudah tercantum dalam gambar diatas, L1 merupakan lilitan pada inti toroid tipe T50-2 dengan 80 lilitan pada kawat email 0,2mm. L2 adalah lilitan pada batang ferit dengan panjang lilitan 10-20cm dan terdiri dari 3 lilit kawat email diameter 0,6 untuk L2A, dan 30 lilitan kawat email 0,5mm untuk L2B. rangkaian pemancar ini hanya menyerap arus tidak lebih dari 15mA saja.

Bagian Penerima Rangkaian Headphone Tanpa Kabel

Bagian penerima dari rangkaian headphone tanpa kabel ini menggunakan IC tipe ZN415 sebagai komponen utama, dimana rangkaian penerima ini bekerja pada frekuensi gelombang pendek (short wave) antara 1,7MHz sampai dengan 3,4MHZ.headphone-tanpa-kabel-(penerima)

 

Dengan konsumsi arus yang sangat kecil, yaitu dibawah 5mA saja dengan tegangan kerja 1,5 Volt sehingga bagian penerima ini sangato cocok untuk penggunaan baterai. Lilitan L1 terdiri dari 40 lilitan lawat email 0,2mm dan dililitkan pada batang ferit 20mm. kapasitor C1 dapat di atur untuk menentukan frekuensi penerimaan yang diinginkan dan disesuaikan dengan rangkaian pemancarnya.

Berikan Komentar Anda...