Rangkaian Filter Subwoofer dengan IC LM741

Apakah perangkat audio anda memiliki nada bass yang kurang mantap atau kurang nendang? saatnya untuk mencoba rangkaian filter subwoofer dengan IC LM741 seperti yang akan dibahas pada artikel kali ini. Rangkaian filter subwoofer atau bisa disebut juga dengan rangkaian crossover aktif subwoofer adalah rangkaian yang berfungsi untuk mengubah sinyal musik yang ada menjadi nada bass sepenuhnya.

Rangkaian crossover aktif tidak ada bedanya dengan rangkaian filter, hanya beda penyebutannya saja. Disebut sebagai rangkaian crossover akfif karena komponen utama dari rangkaiannya menggunakan komponen akfif berupa semikonduktor, bisa itu dioda, transistor ataupun menggunakan IC.

Rangkaian Filter Subwoofer yang disajikan disini menggunakan komponen utama IC LM741 yang mana selain IC tipe ini adalah IC yang sangat populer, juga sangat mudah didapatkan di pasaran toko elektronika dengan harga yang sangat terjangkau pula.

Rangkaian filter subwoofer akan menyaring sepenuhnya sinyal input yang masuk menjadi nada bass. Selain frekuensi nada bass, semuanya akan diredam. Tingkat peredaman ini adalah salah satu parameter untuk menentukan kualitas dari filter ini. semakin baik redaman frekuensi suara yang tidak diinginkan, maka bisa dikatakan kualitas dari filter tersebut semakin baik.

Rangkaian filter subwoofer/crossover aktif dengan IC LM741

rangkaian-filter-subwoofer-dengan-ic-lm741Dari rangkaian diatas terdiri dari dua IC 741 di bagian awal dan akhir dari sinyal yang akan diolah. IC1 berfungsi sebagai penguat depan/pre-amp untuk menguatkan sinyal bagian pertama dari input, dalam hal ini fungsi IC1 sekaligus sebagai mikser dari 2 masukan yang tersedia. Potensiometer P1 dipakai untuk mengatur penguatan dari Pre-Amp ini.

Setelah itu, out dari IC1 masuk kepada rangkaian Low Pass Filter untuk menyaring nada rendah agar diloloskan dan akhirnya dikuatkan, sisanya akan diredam. komponen utama dari LPF ini adalah R3, R4, C1, C2,dan C3. Dari konfigurasi rangkaian seperti diatas, frekuensi yang akan diloloskan adalah antara 20Hz hingga 100Hz.

Agar rangkaian filter ini dapat bekerja dengan optimal, sistem power supply yang digunakan harus teregulasi dengan baik agar dengung dan noise yang timbul bisa diminimalisir. Sebisa mungkin rangkaian filter subwoofer ini dipasang sedekat mungkin dengan amplifier utama.

5 Comments

  1. Nadhif Fahrian 22 January, 2016
    • Rida Angga 22 January, 2016
  2. Rizky Agustian 18 March, 2017
  3. Dita indah 18 March, 2017

Tulis Komentar