Rangkaian Crossover Pasif 2 Way

Rangkaian Crossover pada dasarnya adalah sebuah rangkaian yang berfungsi untuk memisahkan atau menyaring nada yang diinginkan untuk di loloskan. Sedangkan nada yang tidak diinginkan akan diredam Dalam hal ini tipe Crossovernya adalah Crossover pasif yang tidak membutuhkan komponen aktif dalam pembuatannya.

Karena tidak menggunakan komponen aktif, maka rangkaian Crossover aktif ini hanya terdiri dari konfigurasi rangkaian R, L dan C. Rangkaian Crossover Pasif 2 Way adalah sebagai berikut:

Rangkaian-Crossover-Pasif-2-Way

 

Maksud 2 Way disini adalah jumlah kanal suara yang akan dipisahkan. Dari rangkaian diatas terlihat bahwa rangkaian Crossover pasif ini mempunyai 2 kanal saluran, yakni untuk tweeter dan woofer. Tweeter untuk meloloskan frekuensi tinggi dan woofer untuk meloloskan frekuensi rendah.

Selain untuk menyaring suara, fungsi Crossover adalah untuk melindungi speaker terutama pada speaker tweeter. jika nada rendah (bass) masuk pada tweeter, hal itu bisa mengurangi umur kumparan yang ada pada speaker tweeter itu sendiri bahkan bisa merusaknya jika daya yang disalurkan cukup tinggi.

Kelebihan dari rangkaian Crossover pasif adalah tidak memerlukan sumber tegangan untuk beroperasi.

2 Comments

  1. iyos area 16 August, 2016
  2. Meidhy Alamsyah 5 May, 2017

Tulis Komentar