Rangkaian Amplifier Subwoofer LM3886

Amplifier subwoofer merupakan amplifier yang dipergunakan untuk keperluan penguatan khusus nada bass, yang mana biasanya daya ampli yang digunakan jenis kelas menengah ke atas. Karena untuk mengkasilkan nada bass yang baik tanpa distorsi dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah kualitas dari amplifier subwoofer itu sendiri selain kualitas loudspeaker yang digunakan.

Rangkaian amplifier subwoofer LM3886 cocok digunakan untuk musik ruangan atau home theater karena daya output yang dihasilkan termasuk daya kelas menengah, yaitu 68  Watt RMS pada beban 8 ohm.

Pada dasarnya rangkaian amplifier ini terdiri dari 2 bagian, yang pertama adalah bagian filter yang berfungsi untuk menyaring nada bass untuk diloloskan dan meredam frekuensi yang tidak diinginkan (frekuensi tinggi), sedangkan bagian kedua adalah bagian amplifier itu sendiri yang berfungsi untuk menguatkan sinyal yang telah di filter sebelumnya.

Skema rangkaian amplifier subwoofer LM3886 sebagai berikut:

rangkaian-amplifier-subwoofer-LM3886Dari rangkaian diatas terlihat jelas bahwa rangkaian filter sekaligus pre-amp yang digunakan terdiri dari dua penguatan Op-Amp dengan beberapa konfigurasi R-C untuk menghasilkan filter low pass. IC Op-Amp yang digunakan adalah tipe NE5532. Yang mana di dalam IC NE5532 sudah terdapat 2 Op-Amp secara independen.

Cara kerja rangkaian amplifier subwoofer ini cukup sederhana. Ketika sinyal musik masuk pada bagian input secara stereo, didalam rangkaian amplifier ini kedua kanal stereo tersebut dicampurkan dengan Resistor R1 dan R2. Setelah itu sinyal ini diolah atau lebih tepatnya disaring dengan rangkaian Low Pass Filter (LPF). Rangkaian LPF ini akan meredam nada tinggi dan meloloskan nada rendah (bass).

ic-lm3886Setelah sinyal musik difilter, maka nada bass yang keluar melalui Potensiometer sudah siap untuk dikuatkan dengan amplifier. Amplifier LM3886 akan menguatkan sinyal dari LPF hingga daya maksimu 68 Watt pada beban speaker 8 ohm. Daya sebesar ini sangat cukup untuk ditempatkan di sebuah ruangan dengan ukuran sedang.

Rangkaian power supply diatas terlihat menggunakan IC regulator LM7815 dan LM7915. Ini adalah power supply tipe simetris yang akan menghasilkan tegangan output +15V, 0V, dan -15V. Perlu diketahui catuan ini hanya dipergunakan untuk mensuplai tegangan pada rangkaian filter saja karena arus output dari IC regulator tidak akan lebih dari 1A. Sedangkan untuk tegangan suplai amplifier utama, diambil langsung sebelum melewati IC regulator sebesar ±25V. Arus yang dialirkan ke amplier utama adalah sebesar trafo yang digunakan, yaitu 6 Ampere.

4 Comments

  1. rizal 22 December, 2015
    • Rida Angga 18 November, 2016
  2. Erfan tama 16 November, 2016
    • Rida Angga 18 November, 2016

Berikan Komentar Anda...