Rangkaian Amplifier Stereo Mobil TDA1535

Rangkaian Amplifier stereo mobil ini memang cocok diperuntukan untuk kendaraan. Meskipun begitu bukan berarti rangkaian ampifier ini tidak cocok dipergunakan untuk amplifier ruangan, semuanya tergantung selera dan desain audio yang dibutuhkan.

Rangkaian Amplifier stereo mobil TDA1535 memiliki daya output 2x 22 Watt (Stereo) yang dirancang dengan sistem jembatan (bridge) pada beban loudspeakernya sehingga tidak ada ground yang terhubung pada speaker outputnya.

Rangkaian Amplifier Stereo Mobil TDA1535

rangkaian-amplifier-stereo-mobil-tda1535Seperti skema rangkaian yang diunjukan di atas terlihat bahwa rangkaiannya begitu sangat sederhana karena memang amplifier ini sudah terintegrasi dengan rangkaian dari ICTDA1535 sehingga hanya memerlukan beberapa komponen saja. Dengan rangkaiannya yang sederhana maka amplifier ini memang cocok untuk keperluan mobile atau rancangan audio yang tidak terdapat tempat yang cukup besar untuk menyimpan sebuah amplifier.

Salah satu kelebihan dari IC TDA1535 adalah terdapat perlindungan terhadap hubung singkat (short), polaritas terbalik dan speaker protektor, sudah include di dalam IC tersebut. Fungsi C4 dan C5 adalah sebagai kopling kapasitor agar tegangan DC tidak masuk dari sinyal input, sedangakan C3 memiliki fungsi sebagai pewaktu (delay) dari speaker protektor yang sudah terdapat dalam IC TDA1535.

Agar bisa bekerja dengan baik rangkaian amplifier stereo mobil TDA1535 hanya memerlukan tegangan 12VDC yang sesuai dengan tegangan dari aki mobil. IC TDA1535 akan mengeluarkan panas ketika sedang beroperasi, untuk itu diperlukan sirip pendingin dengan ukuran sedang agar panas yang dihasilkan tidak merusak IC tersebut.

One Response

  1. heru kurnia 11 June, 2015

Tulis Komentar