Rangkaian Amplifier Stereo 11 Watt IC LM4752

Rangkaian amplifier stereo dengan menggunakan IC LM4752 ini dapat menghasilkan daya 11 Watt pada setiap kanalnya dengan beban loudspeaker 4 ohm. sedangkan pada beban 8 ohm akan menghasilkan daya rata-rata sekitar 7 Watt saja, dengan tingkat distorsi tidak lebih dari 10%.

IC LM4752 ini di desain khusus untuk keperluan amplifier yang mengunakan powetr supply daya rendah, yang mana dengan daya output yang dihasilkannya, cocok untuk dipakai pada bagian amplifier pada compact disk, ataupun pada rangkaina TV stereo. Selain itu konstruksinya begitu sederhana karena sudah terintergrasi dalam satu chip IC. Sehingga hanya memerlukan beberapa komponen resistor dan kapasitor sebagai pendukungnya.

Untuk bisa bekerja dengan optimal, rangkaian amplifier LM4752 membutuhkan tegangan suplai antara +9V hingga +24V. Hal ini cukup untuk beroperasi untuk digabungkan dengan perangkat multimedia pada umumnya yang rata-rata menggunakan tegangan sebesar +12V.

Skema Rangkaian Amplifier Stereo 11 Watt IC LM4752 :

Rangkaian Amplifier Stereo 11 Watt IC LM4752Rangkaian diatas terlihat begitu sederhana, sehingga pada pembuatan amplifier ini tidak akan banyak menemui kesulitan, tinggal menambahkan beberapa komponen tambahan saja, amplifier sudah langsung bisa bekerja dengan baik. Namun dalam membuatan layout PCB nya disarankan agar komponen tambahan terutama bagian input dan bagian output agar sedekat mungkin dengan kaki IC LM4752.

Pada rangkaian sesuai data dari datasheet, pada IC LM4752 terdapat 2 rangkaian amplifier yang independent satu sama lain. Jika salah satu kanal dari amplifier ini rusak, maka kanal yang lainnya kemungkinan besar tidak akan terganggu dan masih bisa dipakai. kecuali salah satu kanal tersebut mengalamai short atau hubung singkat.

One Response

  1. yoyo 26 May, 2015

Tulis Komentar