Rangkaian Amplifier Mini TDA7052

Rangkaian ini disebut dengan rangkaian amplifier mini karena desainnya yang sangat simple dan mudah untuk dibuat dengan biaya yang murah. meskipun mini, daya yang dikeluarkan oleh amplifier ini cukup mumpuni untuk menggerakan speaker pada komputer/laptop ataupun dari mp3.

Penguat inti dari rangkaian ini adalah IC TDA7052 yang didalamnya sudah terdiri rangkaian penguat yang dikemas dalam Dual In Package (DIL) 8 pin. IC ini dapat bekerja dengan baik pada tegangan 3-6 Volt DC sehingga rangkaian amplifier ini sangat cocok dengan penggunaan baterai.

Daya output yang dapat dihasilkan adalah hingga 2 Watt pada beban 8 ohm. Adapun rangkaian amplifiernya sebagai berikut:rangkaian-amplifier-mini-tda7052Tidak seperti rangkaian amplifier yang lainnya, amplifier ini tidak memerlukan pendingin karena arus yang diserap oleh rangkaian ini sangat rendah, hanya 4 mA saja. Potensiometer R1 berfungsi untuk mengatur sinyal input yang masuk pada IC, atau sebagai pengatur volume.

Contoh rangkaian amplifier mini TDA7052 yang di desain stereo :rangkaian-amplifier-mini-stereo-tda7052Jika ingin merangkaianya secara stereo, tinggal dibuatkan dua saja rangkaiannya, Potensiometer pengatur volume yang digunakan juga harus yang stereo.

One Response

  1. Abdullah 12 December, 2016

Berikan Komentar Anda...